ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN KELAS III B SD NEGERI BANDUNGREJO 01 DEMAK
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i3.1244Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar yang dialami oleh siswa dalam memecahkan masalah matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan kesulitan belajar matematika materi perkalian dan pembagian dan mengetahui faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita, penggunaan langkah dan proses pemecahan masalah matematika yang keliru, serta siswa mengalami kesulitan dalam perhitungan. Selain itu, kesulitan belajar juga dapat dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal.References
Cahyadi. (2014). Penilaian Autentik Mata Pelajaran Matematika Kurikulum 2013 Guru Kelas IV Kota Semarang. Semarang. Universitas PGRI Semarang.
Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mahardika, C., & Setyawan, A. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Serta Upaya Menanganinya Pada Siswa Kelas I SDN Banyuajuh 9. AKSELERASI: Jurnal Pendidikan Guru MI, 1(1), 1-16.
Roebyanto, Harmini. (2017). Pemecahan Masalah Matematika. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Subini. (2015). Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak. Jogjakarta: PT Buku Kita.
Published
2021-11-08
Issue
Section
Articles
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)