PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI MATERI MANAJEMEN MELALUI PEMBELAJARAN MODEL TWO STAY TWO STRAY PESERTA DIDIK KELAS X-IPS2 SEMESTER 2 SMA NEGERI 4 SEMARANG TAHUN 2019

Authors

  • MAUL KHOLISHOH

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i3.1246

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini, yaitu Bagaimanakah cara meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pelajaran ekonomi materi Manajemen dengan pembelajaran model Dua Tinggal Dua Tamu (Two stay two stray  ) di kelas X -IPS2   SMA Negeri 4 Semarang dan  Bagaimanakah cara meningkatkan hasil  belajar peserta didik pada pelajaran ekonomi materi Manajemen dengan pembelajaran model Dua Tinggal Dua Tamu (Two stay two stray  ) di kelas X-IPS2   SMA Negeri 4 Semarang? Penelitian ini dilakukan 2 siklus. Dalam penelitian ini peneliti dibantu oleh observer. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan dan peningkatan hasil belajar peserta didik. Dari  keaktifan sebanyak 53,40% dan rata-rata ulangan harian 79 pada siklus I menjadi 95 %  untuk keaktifannya dan 95 untuk nilai rata-ratanya pada siklus II. Keaktifan dan peningkatan hasil belajar meningkat.

Kata kunci: pembelajaran model, keaktifan, two stay two stray (TSTS)

References

Dewi, O. K. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMAN 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5(1), 60-67.Mayasari, D. (2013).

Rusdiana, R. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(3), 276-289.

Isdiati, E. H. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri I Kartasuratahun Pelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Pangesti, R. D. (2010). Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Malang. Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Malang/Retno Dwi Pangesti.

Malasita, I. W. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray Dan Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang. SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan-Fakultas Ekonomi UM.

Samiati, N. W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi. Journal of Education Action Research, 3(3), 292-298.

Aditya, Y. D. (2010). Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan ketuntasan belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bululawang. Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan ketuntasan belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bululawang/Yeri Devianto Aditya.

Published

2021-11-08