PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI MATERI MANAJEMEN MELALUI PEMBELAJARAN MODEL TWO STAY TWO STRAY PESERTA DIDIK KELAS X-IPS2 SEMESTER 2 SMA NEGERI 4 SEMARANG TAHUN 2019
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i3.1246Abstract
Rumusan masalah penelitian ini, yaitu Bagaimanakah cara meningkatkan keaktifan belajar peserta didik pada pelajaran ekonomi materi Manajemen dengan pembelajaran model Dua Tinggal Dua Tamu (Two stay two stray  ) di kelas X -IPS2   SMA Negeri 4 Semarang dan  Bagaimanakah cara meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pelajaran ekonomi materi Manajemen dengan pembelajaran model Dua Tinggal Dua Tamu (Two stay two stray  ) di kelas X-IPS2   SMA Negeri 4 Semarang? Penelitian ini dilakukan 2 siklus. Dalam penelitian ini peneliti dibantu oleh observer. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan dan peningkatan hasil belajar peserta didik. Dari keaktifan sebanyak 53,40% dan rata-rata ulangan harian 79 pada siklus I menjadi 95 %  untuk keaktifannya dan 95 untuk nilai rata-ratanya pada siklus II. Keaktifan dan peningkatan hasil belajar meningkat.
Kata kunci: pembelajaran model, keaktifan, two stay two stray (TSTS)
References
Dewi, O. K. (2016). Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMAN 2 Wonosari. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5(1), 60-67.Mayasari, D. (2013).
Rusdiana, R. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Depok Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 6(3), 276-289.
Isdiati, E. H. (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Keaktifan Dalam Pembelajaran Ekonomi Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri I Kartasuratahun Pelajaran 2013/2014 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Pangesti, R. D. (2010). Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Malang. Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 4 Malang/Retno Dwi Pangesti.
Malasita, I. W. (2017). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Two Stay Two Stray Dan Talking Stick Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Tumpang. SKRIPSI Jurusan Ekonomi Pembangunan-Fakultas Ekonomi UM.
Samiati, N. W. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi. Journal of Education Action Research, 3(3), 292-298.
Aditya, Y. D. (2010). Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan ketuntasan belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bululawang. Penerapan pembelajaran kooperatif model two stay two stray (TSTS) untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan ketuntasan belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bululawang/Yeri Devianto Aditya.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)