KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN RME BERBANTU MEDIA TANGRAM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS IV SD NEGERI KAUMAN 07 BATANG

Authors

  • NISA ULKAROMAH SYAFITRI
  • ARIES TIKA DAMAYANI
  • HENRY JANUAR SAPUTRA

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i3.1248

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memahami soal serta menyelesaikan soal dengan menggunakan langkah-langkah pemecahan masalah matematika. Hasil belajar siswa yang rendah karena siswa kurang memahami materi serta guru belum menggunakan model yang inovatif dan media pembelajaran yang masih terbatas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan model pembelajaran RME berbantu media Tangram efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi bangun datar siswa kelas IV SD Negeri Kauman 07 Batang ? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran RME berbantu media tangram terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika materi bangun datar siswa kelas IV SD Negeri Kauman 07 Batang. Jenis penelitian ini adalah penelitain kuantitatif dalam bentuk Pre Experimental Design dengan desain One Group Pretest Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kauman 07 Batang tahun ajaran 2019/2020. Sampel yang diambil adalah 36 siswa kelas IV dengan menggunakan teknik Non Probability Sampling berbentuk Sampling Jenuh. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data rata-rata nilai pretest kemampuan pemecahan masalah matematika 48,97 dan rata-rata nilai posttest kemampuan pemecahan masalah matematika 85,91. Hasil ketuntasan belajar klasikal dari nilai  pretest 13,8% dan nilai posttest 91,66%. Ketuntasan belajar klasikal diperoleh 91,66% dengan 33 siswa tuntas dan 3 siswa tidak tuntas KKM. Hasil tersebut sudah mencapai kentuntasan belajar klasikal di kelas karena terdapat ≥ 85% siswa yang tuntas belajar. Berdasarkan hasil uji t dengan harga ttabel digunakan db = N-1 (36-1) dengan taraf signifikan 5% diperoleh ttabel sebesar 2,030. Maka thitung > ttabel (15.9125>2,030). Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran RME berbantu media tangram efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD Negeri Kauman 07 Batang.

Kata Kunci: Model pembelajaran RME, media tangram, kemampuan pemecahan masalah matematika

 

References

Ardina, F. N., Fajriyah, K., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan Model Realistic Mathematic Education Berbantu Media Manipulatif Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Operasi Pecahan. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2), 151-158.

Astuti, E. R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Media Tangram Pada Siswa Kelas Ii Sd Negeri Kemiri Kabupaten Sidoarjo. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(4), 602-616.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2014). Media dan alat peraga dalam pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar (Cetakan ke-4). Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003: Kemendikbud.

Published

2021-11-08