PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA MATERI PENGUKURAN PANJANG DAN BERAT KELAS IV BERBASIS PENDEKATAN OPEN ENDED UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DI SD KOTA SEMARANG

Authors

  • ULYA IZZA RAHAYU
  • JOKO SULIANTO
  • ARIES TIKA DAMAYANI

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i3.1249

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pembagian angket dan wawancara guru di SD Kota Semarang yaitu SDN Pandeanlamper 05 dan SDN Bugangan 03, dimana ditemukan masalah bahwa bahan ajar yang digunakan saat ini belum mencukupi sebagai sumber belajar karena pengembangan materi yang kurang dalam, latihan soal yang kurang, siswa masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal hubungan antar satuan panjang dan berat, bahan ajar yang kurang bervariasi, serta perlu adanya bahan ajar dengan materi pengukuran panjang dan berat yang memberikan kesempatan siswa untuk berpikir dengan bebas sesuai dengan minat dan kemampuannya. Tujuan utama penelitian ini untuk mengembankan bahan ajar dengan menggunakan pendekatan open ended yang baik (valid dan layak) untuk meningkatkan kemampuan penalaran siswa. Bahan ajar yang dikembangkan berupa buku matematika pada materi pengukuran panjang kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan. Prosedur penelitian menggunakan pendekatan Borg and Gall, dengan memodifikasi langkah-langkah penelitian menjadi : tahap potensi masalah, tahap perencanaan, tahap pengembangan draft produk, tahap validasi desain, dan tahap uji coba lapangan awal. Instrumen yang dugunakan berupa 1) angket pedoman wawancara 2) angket analisis kebutuhan/permasalahan, 3) angket validasi materi/isi, 4) angket validasi media/konstruks 5) angket kelayakan materi untuk guru, 6) angket kelayakan media/konstruks untuk guru. Hasil rata-rata validasi materi sebesar 94,1% dan rata-rata validasi konstruks bahan ajar sebesar 92,5% dengan kategori “Baik Sekaliâ€. Hasil perhitugan rata-rata uji kelayakan materi sebesar 93,12% dan rata-rata uji kelayakan media/konstruks sebesar 91,3% dengan kategori “Baik Sekaliâ€. Kesimpulannya bahwa pengembangan bahan ajar matematika pada materi pengukuran panjang dan berat kelas IV SD berbasis pendekatan open ended untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematik siswa valid dan layak digunakan di SD Kota`Semarang.

Kata Kunci: Bahan ajar, Open Ended, Pengukuran Panjang dan Berat

References

Anwar, Nur., Rahmah Johar, & Dadang Juandi. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMP. Jurnal Didaktik Matematika Vol. 2 (1), 52-63.

Apertha, Fanny Khairul Putri, Zulkardi, Muhamad Yusup. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis Open-Ended Problem pada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.12 (2), 47-62.

Arifania, Devina Anky. (2017). Pengembangan Buku Guru dan Buku Siswa Matematika kelas I Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia [Skripsi]. Yogykarta (ID): Univesitas Sanata Darma.

Arifin, Zainal. (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi.(2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Jasmaniah, Fachrurazi, & Ety Mukhlesi Yeni. (2017). Efektivitas Bahan Ajar Problem Solving Berbasis Open ended dalam Pembelajaran Matematika untuk Mengembangkan Kemampuan Penalaran Mahasiswa PGSD. Elementary School Vol. 4 (1), 1-13.

Nashihah, Durrotun, Joko Sulianto, Mei Fita Asri Untari. (2019). Klasifikasi Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas IV SD Negeri Tambakrejo 02 Semarang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review Vol.2 (2), 203-209.

Permendikbud.(2016). Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Lembara RI Tahun 2016 No. 21. Jakarta: Sekretariat Negara.

Shimada, S., & Becker J.P.(1997). The Open-Ended Approach. A New Proposal for Teaching Mathematics. Virginia : NCTM.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) Bandung: Alfabeta.

Sugiyono.(2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-UPI.

Sulianto, Joko., Sunardi, Sri Anitah, Gunarhadi. (2019). Analisis Implementasi Pembelajaran di Sekolah Dasar pada Pengembangan Model Advance Organizer berbasis Pendekatan Open Ended untuk Meningkatkan Penalaran Siswa. International Journal of Elementary Education Vol.3 (4), 396-403.

Syafaat, Frida Noer. (2014). Pembelajaran Tari Jaipong Pada Siswa Tunarungu Tingkat SMALB Dalam Ekstrakurikuler Seni Tari SLB Negeri Cicendo Kota Bandung [Skripsi]. Bandung (ID) : Universitas Pendidikan Indonesia.

Yusuf, M., Zulkardi, & Saleh, T. (2009). Pengembangan soal-soal open ended pada pokok bahasan segitiga dan segiempat di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Vol.3 (2), 48-56.

Published

2021-11-08