KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTU MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS PUISI KELAS IV SD NEGERI KADILANGU 1 DEMAK
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i3.1252Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemahaman siswa dalam menulis puisi dalam mata pelajaran bahasa indonesia sehingga menyebabkan hasil belajar siswa menjadi menurun. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah model picture and picture berbantu media gambar berseri efektif terhadap keterampilan menulis puisi pada siswa kelas IV di SD Negeri Kadilangu 1 Kabupaten Demak .Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian True experimental Design. Bentuk desain penelitian yang digunakan pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Kadilangu 1 Demak dengan jumlah 25 siswa. Jumlah sampel sebanyak 25 siswa dengan menggunakan nonprobability sampling jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tekhnik tes. Berdasarkan hasil penelitiann yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture berbantu media gambar berseri terbukti efektif terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD Negeri Kadilangu 1 Demak. Hasil Uji t diperoleh bahwa thitung  > ttabel  yaitu 3,728572 > 2.680 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari hasil perhitungan diketahui bahwa rata-rata hasil postest yaitu 74 dimana lebih besar daripada rata-rata hasil pretest yaitu 63. Dari nilai tersebut dapat diketahui bahwa ada perbedaan antara nilai pretest (sebelum diberi perlakuan) dengan posttest ( setelah diberi perlakuan). Hal ini dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak (rata-rata nilai menulis puisi siswa sebelum dan sesudah perlakuan tidak sama) model pembelajaran picture and picture berbantu media gambar berseri efektif terhadap keterampilan menulis puisi kelas IV SD Negeri Kadilangu 1 Demak.Â
Kata Kunci: Keterampilan Menulis puisi, Model pembelajaran picture and picture, Media gambar berseri
References
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hamdani. (2011). Stategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Nizma, S. N., Untari, M. A., & Budiman, M. A. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Think Talk Write dengan Media Pembelajaran Puzzle Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Kelas II SD N Rejosari 03 Semarang. Journal For lesson And Learning Studies Vol 3 No 1, http://ejournal.undhiska.ac.id//index.php/JLLS/Article/views/24266.
Tarigan, G. H. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Sitoresmi, W. S., Untari, M. F. A., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan Model Pair Checks Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(1), 1-8.
Ulfah, S. M., & Budiman, M. A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Kemampuan Berbicara. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(1), 83-91.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)