PENGEMBANGAN MEDIA BUKU PENGAYAAN MONTASE PADA PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA KELAS IV SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i3.1255Abstract
Latar belakang yang mendorong dalam penelitian ini adalah kurangnya media pembelajaran SBdP yang melibatkan kreativitas siswa dan pendukung kegiatan literasi sekolah sebagai sumber bahan belajar siswa. Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui kelayakan media buku pengayaan montase pada pembelajaran SBdP kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan ialah Research and Development (RnD) dengan model pemikiran Borg and Gall. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil kelayakan berdasarkan analisis data oleh pakar ahli memperoleh rata-rata presentase sebesar 92,46% untuk kelayakan media dan 91,31% untuk kelayakan materi pembelajaran. Perolehan respon guru terhadap keberterimaan media memperoleh presentase di SD Negeri Ukir 01 sebesar 95,58% dan di SD Negeri Ukir 02 sebesar 88,25% Hasil angket respon siswa memperoleh 94,16% di SD Negeri Ukir 01 dan 89,39% di SD Negeri Ukir 02. Media Buku Pengayaan Montase pada pembelajaran SBdP kelas IV Sekolah Dasar telah memenuhi kriteria sangat baik dan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pengembangan, Media, Buku Pengayaan, Montase, Bahan Ajar
References
Arikunto, S. (2010). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Arsyad, A. (2015). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran.Yogyakarta: Gava Media
Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Muharrar, S. (2013). Kreasi Kolase, Montase dan Mozaik Sederhana. Jakarta: Erlangga
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2014 tentang Kurikulum Pendidikan SD/MI
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2016 tentang Buku yang Digunakan oleh Satuan Pendidikan
Prastowo, A. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktik. Jakarta: Kencana
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta
Ulya, H., & Rofian, R. (2019). Pengembangan Media Story Telling Berbasis Montase Sederhana Sebagai Suplemen Bahan Ajar Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas IV Sekolah Dasar. JURNAL PENDIDIKAN DASAR NUSANTARA, 4(2), 140-149.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)