PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS V SDN LOSARI LOR 03 KABUPATEN BREBES
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i3.1256Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran E-learning berbasis media Audio Visual terhadap keaktifan belajar siswa kelas V SDN Losari Lor 03 Kabupaten Brebes. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan model Pre Experimental Design bentuk one group pretest-posttest design. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa rata-rata skor keaktifan akhir lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor keaktifan awal (80,5>40,545). Dan hasil rata-rata skor keaktifan akhir dari angket yang diisi oleh orang tua siswa lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor keaktifan awal (80,454>40). Hasil analisis uji-t diperoleh hasil  sebesar 28,234 dan  sebesar 1,717 yang artinya  yaitu 28,234>1,717. Dan hasil perhtungan uji-t angket orang tua siswa diperoleh  sebesar 24,698 dan  sebesar 1,717, yang artinya  yaitu 24,698>1,717. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pembelajaran E-Learning berbasis media Audio Visual terhadap keaktifan belajar siswa kelas V SDN Losari Lor 03 Kabupaten Brebes.
Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Pembelajaran E-Learning, Media Audio Visual.
References
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Kompri. (2017). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Yogyakarta. Media Akademi.
Rahmatia, M., Monawati, M., & Darnius, S. (2017). Pengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Acehpengaruh Media E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN 20 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).
Munadi, Y. (2013). Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru), Referensi.
Prawiradilaga, D. S. (2013). Mozaik teknologi Pendidikan: E-learning [Educational Technology]. Jakarta: Kencana Prenada Media.
A'yun, Q., Sujiwo, D. A. C., & Hidayatullah, A. W. (2019). Pengaruh E-Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Mahasiswa Teknik Informatika. JUSTINDO (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Indonesia), 4(1), 27-35.
Rikizaputra, R., & Sulastri, H. (2020). Pengaruh E-Learning dengan Google Classroom terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Lectura: Jurnal Pendidikan, 11(1).
Rusman, R. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada..
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)