ANALISIS NILAI-NILAI KARAKTER DALAM FILM KELUARGA CEMARA KARYA ARSWENDO ATMOWILOTO

Authors

  • ADI SEPTIANTO Universitas PGRI Semarang
  • IKHA LISTYARINI Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i4.1512

Abstract

Membentuk karakter pada diri anak dilakukan sejak usia dini, karena menanamkan nilai- nilai karakter memerlukan suatu tahapan yang dirancang secara sistematis dan berkelanjutan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis nilai karakter dalam Film Keluarga Cemara Karya Arswendo Atmowiloto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Film Keluarga Cemara yang mengandung nilai karakter. Sampel diambil menggunakan purposive sampling, yaitu dari durasi film 1 jam 50 menit 13 detik, diambil tujuh puluh scene film. Teknik pengumpulan  data yang digunakan dalam penelitian ini melalui menyimak dan catat dalam menyimpulkan data. Penguji keabsahan data dipilih Guru SD Negeri Pandeanlamper 04 Semarang dan Dosen Universitas PGRI Semarang. Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data penelitian melalui pendeskripsian, ditemukan nilai karakter pada film Keluarga Cemara karya Arswendo Atmowiloto. Nilai karakter ditunjukkan melalui kalimat-kalimat dalam tiap scene film. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya nilai karakter yang terdapat dalam film Keluarga Cemara karya Arswendo Atmowiloto. Dari keseluruhan cerita yang digunakan untuk sampel, muncul nilai karakter dengan persentase yaitu religius 1,42%, jujur 11,42%, toleransi 12,85%, disiplin 4,28%, kerja keras 15,71%, kreatif 4,28%, mandiri 4,28%, demokratis 8,57%, rasa ingin tahu 7,14%, semangat kebangsaan 0%, cinta tanah air 0%, menghargai prestasi 2,85%, bersahabat/komunikatif 8,57%, cinta damai 4,28%, gemar membaca 0%, peduli lingkungan 1,42%, peduli sosial 2,85%, tanggung jawab 10,00%.. Saran dari peneliti yang dapat disampaikan untuk para penonton agar lebih selektif dalam memilih tontonan film yang tepat dan baik untuk anak-anak yang dapat meningkatkan nilai karakter anak.

Kata Kunci: Analisis, Nilai Karakter, Film Keluarga Cemara

References

Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas.

SoegengYsh., A.Y. (2007). Dasar-Dasar Penelitian. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa.Yogyakarta: Sanata DharmaUniversity Press.

Sudjana, N. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun Kamus Besar Pusat. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional

Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2022-03-15

Issue

Section

Articles