PENGARUH JARAK TEMPAT TINGGAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i4.1514Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi lingkungan masyarakat dapat menimbulkan kesukaran belajar anak, terutama anak-anak yang sebayanya. Apabila anak-anak yang sebaya merupakan anak-anak yang rajin belajar, maka anak akan terangsang untuk mengikuti jejak mereka. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dari jarak tempat tinggal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas kelas tinggi SDN 1 Gedebeg Tahun Pelajaran 2019/2020. Mengetahui pengaruh pengaruh jarak tempat tinggal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas kelas tinggi SDN 1 Gedebeg Tahun Pelajaran 2019/2020. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan sebagai berikut: Terdapat perbedaan yang signifikan antara tempat tinggal yang dekat sedang dan jauh terhadap hasil belajar matematika siswa SDN 1 Gedebeg tahun pelajaran 2019/2020. Terdapat pengaruh perbedaan yang signifikan antara tempat tinggal yang dekat sedang dan jauh terhadap hasil belajar matematika siswa SDN 1 Gedebeg tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan temuan penelitian tentang adanya perbedaan yang signifikan antara jarak tempat tinggal terhadap hasil belaja, maka disarankan kepada siswa SDN 1 Gedebeg perlu mempertimbangkan bahwa alternatif jarak tempat tinggal dekat perlu di upayakan, untuk meningkatkan hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa perhitungan korelasi product moment (rxy) antara jarak tempat tinggal (X) dengan hasil belajar (Y) diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,205. Harga koefisien rtabel dengan taraf signifikansi 5% dan N= 20 sebesar 0,444. Hasil ini menunjukkan bahwa rhitung lebih besar daripada rtabel sehingga Ho diterima, ini berarti ada hubungan yang signifikan antara jarak tempat tinggal terhadap hasil belajar matematika siswa SDN 1 Gedebeg pada tahun pelajaran 2019/ 2020.
Kata Kunci: Jarak Tempat Tinggal, Hasil Belajar, Matematika
References
Rihandoyo. 2009. Alat Uji Hipotesis Penelitian Sosial Non Parametrik. Jurusan Administrasi Negara FISIP UNDIP.
Sudjana Nana. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif), Cetakan ke-18, Alfabeta, Bandung.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Tirtaraharja, dan Sulo. 2015. Hakikat Manusia dan Pengembanganya. Jakarta: Rineka Cipta.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)