PENGARUH JARAK TEMPAT TINGGAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • RIYAN PRASETYO Universitas PGRI Semarang
  • IKHA LISTYARINI Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i4.1514

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi lingkungan masyarakat dapat menimbulkan kesukaran belajar anak, terutama anak-anak yang sebayanya. Apabila anak-anak yang sebaya merupakan anak-anak yang rajin belajar, maka anak akan terangsang untuk mengikuti jejak mereka. Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang positif dari jarak tempat tinggal  terhadap hasil belajar matematika siswa kelas kelas tinggi SDN 1 Gedebeg  Tahun Pelajaran 2019/2020. Mengetahui pengaruh pengaruh jarak tempat tinggal terhadap hasil belajar matematika siswa kelas kelas tinggi SDN 1 Gedebeg  Tahun Pelajaran 2019/2020. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan sebagai berikut: Terdapat perbedaan yang signifikan antara tempat tinggal yang dekat sedang dan jauh terhadap hasil belajar matematika siswa SDN 1 Gedebeg tahun pelajaran 2019/2020. Terdapat pengaruh perbedaan yang signifikan antara tempat tinggal yang dekat sedang dan jauh terhadap hasil belajar matematika siswa SDN 1 Gedebeg tahun pelajaran 2019/2020. Berdasarkan temuan penelitian tentang adanya perbedaan yang signifikan antara jarak tempat tinggal terhadap hasil belaja, maka disarankan kepada siswa SDN 1 Gedebeg perlu mempertimbangkan bahwa alternatif jarak tempat tinggal dekat perlu di upayakan, untuk meningkatkan hasil belajar. Hasil analisis menunjukkan bahwa perhitungan korelasi product moment (rxy) antara jarak tempat tinggal (X) dengan hasil belajar (Y) diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,205. Harga koefisien rtabel dengan taraf signifikansi 5% dan N= 20 sebesar 0,444. Hasil ini menunjukkan bahwa rhitung lebih besar daripada rtabel sehingga Ho diterima, ini berarti  ada hubungan yang signifikan antara jarak tempat tinggal terhadap hasil belajar matematika siswa SDN 1 Gedebeg pada tahun pelajaran 2019/ 2020.

Kata Kunci: Jarak Tempat Tinggal, Hasil Belajar, Matematika

References

Rihandoyo. 2009. Alat Uji Hipotesis Penelitian Sosial Non Parametrik. Jurusan Administrasi Negara FISIP UNDIP.

Sudjana Nana. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif), Cetakan ke-18, Alfabeta, Bandung.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Tirtaraharja, dan Sulo. 2015. Hakikat Manusia dan Pengembanganya. Jakarta: Rineka Cipta.

Published

2022-03-15

Issue

Section

Articles