IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH “SHALAT BERJAMAAH”

Authors

  • ARUM WIDHI RAHAYU Universitas PGRI Semarang
  • HARTO NUROSO Universitas PGRI Semarang
  • SINGGIH ADHI X PRASETYA Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i4.1515

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bangsa Indonesia sedang mengalami krisis karakter dan seketika digantikan dengan nilai-nilai kekesrasan. Bentuk pendidikan karakter yang dapat dilakukan diantaranya ialah pendidikan agama dan moral. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter religius di SD Negeri Sawah Besar 02 Semarang melalui budaya sekolah shalat berjamaah. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sawah Besar 02  Semarang, dengan melibatkan 10 peserta didik kelas V yang melaksanakan kegiatan shalat berjamaah. Penelitian ini merupkan jenis penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan dapat melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi.  Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukan bahwa SD Negeri Sawah Besar 02 Semarang telah mencapai indikator keberhasilan sekolah dalam mengemplementasikan nilai karakter religius yang menjadi fokus implementasi. Keberhasilan tersebut merupakan wujud kerjasama yang baik dari setiap warga di sekolah dan orang tua siswa dalam penciptaan kondisi budaya sekolah dan konsistensi penerapan nilai karakter religius.

Kata Kunci: karakter, religius, budaya sekolah

References

Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Daryanto, & Darmiatun, S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Hastuti, A. O. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Kasus SMA Negeri 1 Comal). Skripsi, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG .

Maryamah, E. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Tarbawi, Volume 2, Nomor 02, Halaman 86-96.

Maunah, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V, Nomor 1, Halaman 90-101.

Nunzairina. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Budaya Sekolah di SD IT Al-Hijrah 2 Laut Dendang. Skripsi, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN.

Sari, P. N. (2017). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Yang Religius di SD Aisyah Unggulan Gemolong Tahun 2017. Skripsi, ISNTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA.

Sholehuddin, W. S. (2014). Shalat Berjamaah dan Permasalahannya. Bandung: Tafakur.

Zubaedi. (2017). Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk PAUD dan Sekolah). Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Published

2022-03-15

Issue

Section

Articles