IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI BUDAYA SEKOLAH “SHALAT BERJAMAAHâ€
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i4.1515Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bangsa Indonesia sedang mengalami krisis karakter dan seketika digantikan dengan nilai-nilai kekesrasan. Bentuk pendidikan karakter yang dapat dilakukan diantaranya ialah pendidikan agama dan moral. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter religius di SD Negeri Sawah Besar 02 Semarang melalui budaya sekolah shalat berjamaah. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Sawah Besar 02 Semarang, dengan melibatkan 10 peserta didik kelas V yang melaksanakan kegiatan shalat berjamaah. Penelitian ini merupkan jenis penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan dapat melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukan bahwa SD Negeri Sawah Besar 02 Semarang telah mencapai indikator keberhasilan sekolah dalam mengemplementasikan nilai karakter religius yang menjadi fokus implementasi. Keberhasilan tersebut merupakan wujud kerjasama yang baik dari setiap warga di sekolah dan orang tua siswa dalam penciptaan kondisi budaya sekolah dan konsistensi penerapan nilai karakter religius.
Kata Kunci: karakter, religius, budaya sekolah
References
Creswell, J. W. (2010). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.
Daryanto, & Darmiatun, S. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Hastuti, A. O. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter Religius Dalam Pembelajaran Sosiologi (Studi Kasus SMA Negeri 1 Comal). Skripsi, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG .
Maryamah, E. (2016). Pengembangan Budaya Sekolah. Tarbawi, Volume 2, Nomor 02, Halaman 86-96.
Maunah, B. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun V, Nomor 1, Halaman 90-101.
Nunzairina. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Budaya Sekolah di SD IT Al-Hijrah 2 Laut Dendang. Skripsi, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA MEDAN.
Sari, P. N. (2017). Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah Yang Religius di SD Aisyah Unggulan Gemolong Tahun 2017. Skripsi, ISNTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SURAKARTA.
Sholehuddin, W. S. (2014). Shalat Berjamaah dan Permasalahannya. Bandung: Tafakur.
Zubaedi. (2017). Strategi Taktis Pendidikan Karakter (Untuk PAUD dan Sekolah). Depok: PT RAJAGRAFINDO PERSADA.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)