ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 SIDOREJO KENDAL
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i4.1516Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah perbedaan pola asuh yang diterapkan oleh orangtua terhadap anak akan menimbulkan dampak yang beda pada karakter siswa dan akan berpengaruh pada kedisplinan belajar siswa. Tujuan penelitian adalh untuk mengetahui analisis pola asuh orangtua terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Sidorejo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan berdasarkan hasil penelitian di SD Negeri 3 Sidorejo Kendal penerapan pola asuh orangtua terhadap anak sangat berpengaruh pada kedisiplinan belajar siswa. Hal ini ditunjukan dari prestasi belajar yang diperoleh siswa yang tergolong sangat baik. Dalam penelitian ini penerapan pola asuh cenderung demokratis mendominasi, disusul dengan pola asuh cenderung permisif, kemudian pola asuh cenderung otoriter. Namun pola asuh orangtua bukan satu-satunya faktor pengaruh kedisiplinan belajar, melainkan ada faktor dari guru, lingkungan sekitar, dan teman sebaya.
Kata Kunci: karakter, religius, budaya sekolah
References
___________________ , Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Online). Tersedia di https://kbbi.kemdikbud.go.id/. Diakses 3 Februari 2020
Ahmadi, Abu dan Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Amalia, Nurul. Rohmad,Zaini. Subagya,Slamet. 2016. “Hubungan Antara Kedisiplinan Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas Xi IPS di MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016â€.Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Anggraini, Arum Junia. 2014. “Kedisplinan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Parangtritis: Srudi Kasusâ€. Skripsi.Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.
B. Hurlock, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Chotimah, Chusnul. Untari, Mei Fita Asri, dan Budiman, Muhammad Arief. 2019. “AnalisisPenerapan Unggah Ungguh Bahasa Jawa dalam Nilai Sopan Santunâ€.International Journal of Elementary Education. Vol. 3, No. 2.
Djamarah, Syariful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, Syariful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Khasanah, Ismatul. Damayani, Aries Tika. Mushafanah, Qoriati. Venty. 2015. “Ibm Pembelajaran Ramah Anak Bagi Orang Tua Dan Gurutk-Paud Di Kec. Godong Kabupaten Groboganâ€.Educations Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 5, No. 1.
Khotimah, DesyNurlaida. Budiman, Muhammad Arief. Subekti, ErvinaEka. 2019. “Analisis Program PenguatanPendidikanKarakter (PPK) Di SDNKaranganyarGunung 01 Semarang dan DampaknyaDalamKehidupanSehari-HariSiswaâ€.Prosiding Seminar PendidikanNasional. Vol. 1 No.1.
Putri, Anggun Dwi Setya & Budiman, Muhammad Arief. 2019. “Bullying Analysis in SDN Pandean Lamper 02 Kota Semarangâ€. Prosiding Social, Humanities, and Educational Studies(SHEs).Vol.2 No. 1.
Shohib, Moh. 2010. PolaAsuh Orang TuadalamMembantuAnakMengembangkanDisiplinDiri. Jakarta: RinekaCipta.
Sipayung, Regina. 2018. “Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas V SD Negeri Muara Bolak 4 Kec. Sosorgadongâ€. Jurnal Ilmiah Maksitek Vol. 3, No. 4.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: RinekaCipta.
Soegeng. 2017. FilsafatPendidikan. Yogyakarta:MagnumPustakaUtama.
Surya, Muhammad. 2003. Psikologi Konseling. Bandung: Pustaka Bumi Quraisy.
Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Syamaun, N. 2011. Dampak Pola Asuh Orangtua dan Guru terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Undang – Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisitem Pendidikan Nasional.
Windayani, Dwi Wahyu. 2016. “Keteladanan Guru PKN Sebagai Model Pembinaan Kedisiplinan Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Demak†.Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)