ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KEDISPLINAN BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 SIDOREJO KENDAL

Authors

  • KHOIRINNAS ERLIS TYANINGTYAS Universitas PGRI Semarang
  • MUHAMMAD ARIEF BUDIMAN
  • ARIES TIKA DAMAYANI Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i4.1516

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah perbedaan pola asuh yang diterapkan oleh orangtua terhadap anak akan menimbulkan dampak yang beda pada karakter siswa dan akan berpengaruh pada kedisplinan belajar siswa. Tujuan penelitian adalh untuk mengetahui analisis pola asuh orangtua terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas IV SD Negeri 3 Sidorejo, Kecamatan Brangsong, Kabupaten Kendal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan berdasarkan hasil penelitian di SD Negeri 3 Sidorejo Kendal penerapan pola asuh orangtua terhadap anak sangat berpengaruh pada kedisiplinan belajar siswa. Hal ini ditunjukan dari prestasi belajar yang diperoleh siswa yang tergolong sangat baik. Dalam penelitian ini penerapan pola asuh cenderung demokratis mendominasi, disusul dengan pola asuh cenderung permisif, kemudian pola asuh cenderung otoriter. Namun pola asuh orangtua bukan satu-satunya faktor pengaruh kedisiplinan belajar, melainkan ada faktor dari guru, lingkungan sekitar, dan teman sebaya.

Kata Kunci: karakter, religius, budaya sekolah

References

___________________ , Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Online). Tersedia di https://kbbi.kemdikbud.go.id/. Diakses 3 Februari 2020

Ahmadi, Abu dan Supriyono. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amalia, Nurul. Rohmad,Zaini. Subagya,Slamet. 2016. “Hubungan Antara Kedisiplinan Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Sosiologi Siswa Kelas Xi IPS di MAN Purworejo Tahun Pelajaran 2015/2016â€.Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Anggraini, Arum Junia. 2014. “Kedisplinan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Parangtritis: Srudi Kasusâ€. Skripsi.Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

B. Hurlock, Elizabeth. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Chotimah, Chusnul. Untari, Mei Fita Asri, dan Budiman, Muhammad Arief. 2019. “AnalisisPenerapan Unggah Ungguh Bahasa Jawa dalam Nilai Sopan Santunâ€.International Journal of Elementary Education. Vol. 3, No. 2.

Djamarah, Syariful Bahri. 2014. Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi Dalam Keluarga. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah, Syariful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Khasanah, Ismatul. Damayani, Aries Tika. Mushafanah, Qoriati. Venty. 2015. “Ibm Pembelajaran Ramah Anak Bagi Orang Tua Dan Gurutk-Paud Di Kec. Godong Kabupaten Groboganâ€.Educations Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 5, No. 1.

Khotimah, DesyNurlaida. Budiman, Muhammad Arief. Subekti, ErvinaEka. 2019. “Analisis Program PenguatanPendidikanKarakter (PPK) Di SDNKaranganyarGunung 01 Semarang dan DampaknyaDalamKehidupanSehari-HariSiswaâ€.Prosiding Seminar PendidikanNasional. Vol. 1 No.1.

Putri, Anggun Dwi Setya & Budiman, Muhammad Arief. 2019. “Bullying Analysis in SDN Pandean Lamper 02 Kota Semarangâ€. Prosiding Social, Humanities, and Educational Studies(SHEs).Vol.2 No. 1.

Shohib, Moh. 2010. PolaAsuh Orang TuadalamMembantuAnakMengembangkanDisiplinDiri. Jakarta: RinekaCipta.

Sipayung, Regina. 2018. “Pola Asuh Orang Tua dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa SD Kelas V SD Negeri Muara Bolak 4 Kec. Sosorgadongâ€. Jurnal Ilmiah Maksitek Vol. 3, No. 4.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta: RinekaCipta.

Soegeng. 2017. FilsafatPendidikan. Yogyakarta:MagnumPustakaUtama.

Surya, Muhammad. 2003. Psikologi Konseling. Bandung: Pustaka Bumi Quraisy.

Syah, Muhibbin. 2011. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syamaun, N. 2011. Dampak Pola Asuh Orangtua dan Guru terhadap Kecenderungan Perilaku Agresif Siswa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Undang – Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisitem Pendidikan Nasional.

Windayani, Dwi Wahyu. 2016. “Keteladanan Guru PKN Sebagai Model Pembinaan Kedisiplinan Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Demak†.Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Published

2022-03-15

Issue

Section

Articles