DIRECT METHOD MAMPU MENINGKATKAN PRONUNCIATION TARUNA X NKPI SMKN 4 PURWOREJO DALAM MARINE COMMUNICATION

Authors

  • UMBAR SAPTA RIYANTI SMKN 4 Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i4.1518

Abstract

Tujuan dari Best Practice ini adalah untuk memperoleh gambaran proses pembelajaran materi Marine

Communication menggunakan metode Direct Method di SMKN 4 Purworejo secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi taruna untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis taruna.

Strategi pemecahan masalah rendahnya kemampuan pronunciation/ melafalkan kata dan huruf/ kata/ frasa tentang Distress, Urgency, dan Safety Messages dalam materi Marine Communication pada taruna tingkat I NKPI di SMKN 4 Purworejo pada mata diklat Bahasa Inggris Maritim (BIM).

Adapun proses pengucapan/ melafalkan Messages (pesan/ tanda) melalui tahap-tahap berikut: 1) melafalkan huruf dan angka; 2) melafalkan kata; 3) melafalkan frasa; 4) melafalkan kalimat; 5) menyiapkan alat/ audio/ rekaman, Loud speaker, Hp/ Laptop; 6) melafalkan messages/ tanda/ pesan; 7) menghafal pelafalan dari messages, tanda/ pesan  di atas kapal; 8) melafalkan 1 message/ tanda/ pesan sesuai instruksi.

Hasil dari pengucapan/ pelafalan messages dengan metode langsung adalah: 1) meningkatnya motivasi belajar/ lebih semangat dalam mengucapkan (motivation); 2) meningkatnya kemampuan dalam melafalkan/ mengucapkan karena taruna lebih percaya diri (pronunciation); 3) meningkatnya kemampuan mengucapkan messages dengan menggunakan metode langsung (Direct Method) pada taruna tingkat I NKPI SMKN 4 Purworejo.

Kata Kunci: metode langsung, motivasi, pengucapan

References

Barlian, I. (2013). Managemen Berbasis Sekolah Menuju Sekolah Berprestasi. Jakarta: Erlangga.

Depdikbud. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Hamalik, O. (2004). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Ivanceviech, G. J. (2008). Organisasi, Perilaku, Struktur, dan Proses. Jakarta: Bina Putra Aksara.

Jenkins, J. (2002). Global English and the Teaching of Pronunciation . London: King's Collage.

Joyce Bruce R, M. W. (2015 9th--Ed). Models of Teaching . US: The Phoenix Alliance.

Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nur, S. K. (2000). Pengajaran Langsung. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.

Penyusun, T. (2013). Bahasa Inggris Maritim dan Perikanan. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan.

Sudjana, N. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Algensindo.

Trenkner, P. (2001). IMO SMCP. Germany: Working Group of the Sub-Commitee of Safety on Navigation.

Winkel, W. (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Published

2022-03-15

Issue

Section

Articles