ANALISI GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI KELAS V DI SD NEGERI BANCAK 01 KECAMATAN GUNUNGWUNGKAL KABUPATEN PATI
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i4.1520Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah siswa yang masih mengalami kesulitan dalam memahami gaya belajar yang dimilikinya, masing-masing siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda, bahkan setiap siswa belajar dengan gaya yang berbeda untuk masing-masing pelajaran. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah gaya belajar yang digunakan oleh siswa berprestasi kelas V di SD Negeri Bancak 01. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui gaya belajar yang digunakan oleh siswa berprestasi kelas V di SD Negeri Bancak 01. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini diperoleh melalui sumber data diantaranya guru kelas V dan 7 siswa berprestasi akademik kelas V sebagai sampel penelitian ini. Prosedur pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data, meliputi perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa berprestasi akademik kelas V di SD Negeri Bancak 01 tidak hanya menggunakan satu gaya belajar saja mereka juga menggunakan kombinasi dar 2 gaya belajar lainnya. CA memiliki kecendurang modalitas dua gaya belajar yaitu gaya belajar visual dan gaya belajar kinestetik. Dua siswa lainya yaitu FA dan DYS mereka mempunyai kecenderungan modalitas gaya belajar visual. MW dan VR memiliki kecenderungan modalitas gaya belajar auditorial. MDF memiliki kecendurang modalitas dua gaya belajar yaitu gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik. Sedangkan KF memiliki kecenderungan gaya belajar kinestetik. Hal tersebut menunjukkan bahwa ketujuh siswa berprestasi tersebut menggunakan atau memiliki gaya belajar yang bervariasi dengan kecenderungan modalitas gaya belajar yang berbeda-beda diantara ketiga modalitas gaya belajar VAK (visual,auditorial dan kinestetik).Â
Kata Kunci: Gaya Belajar, Siswa Berprestasi, Prestasi Akademik
References
Chaplin, J. P. (2002). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
DePorter, Bobi & Hernacki, M. (2000). Quantum Learning Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Peneribit Kaif.
DePorter, B., Reardon, M. & Nourie, S. S. (2010). Ed. 2, cet. ke – 1. Quantum Teaching. Penerjemah : Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.
Ghony, D & Almanshur, F. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Gunawan, I. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Herdiansyah, H. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu – ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Ghufron & Risnawati. (2013). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Khoe Yao Tung. 2015. Pembelajaran Dan Perkembangan Belajar. Yogyakarta: Indeks.
Lindgren, H. C. (1980). Educational Psychology in The Classroom (6 edition). New York: Oxfor University Press
Mangunsong, F & Indianti, W. (2006). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: LPSP3 UI.
Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nasution. (2009). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Santrock, J. W. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjana, N. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sunarto & Hartono, A. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Surya, M. (1981). Psikologi Pembelajaran Dan Pengajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Uno, H. B. (2006). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)