ANALSIS KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PROSES BELAJAR MENGAJAR DI SDN TENDAS
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i4.1523Abstract
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini adalah pembelajaran daring merupakan inovasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan pembelajaran daring di SDN Tendas. penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dimana peneliti menjabarkan hasil-hasil penelitian dalam bentuk kata. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dokumnetasi, dan angket. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran daring efektif digunakan sebagai proses belajar mengajar di SDN Tendas namun dimata pelajaran tertentu guru harus menggunakan model dan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pelajaran agar materi pelajaran yang disampaikan dapat dengan mudah diterima oleh siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran daring efektif digunakan sebagai proses belajar mengajar, namun dalam materi tertentu guru harus menyesuaikan materi pelajaran dengan model dan metode pembelajaran sesingga siswa lebih mudah dalam menerima materi pelajaran sehingga pembelajaran berjalan dengan maksimal dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Proses Belajar, daring
References
Budiman, Muhammad Arief. 2012. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Kelas Bahasa Inggris. Prosiding sematik. Vol 2 No 1.
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19).
Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sofyana & Abdul. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika. Volume 8 Nomer 1, Hal. 81-86.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kualitatif (Untuk Penelitian Yang Bersifat: Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif). Bandung: Alfabeta.
Susan, Stainback. 1998. Understanding & Conduction Qualitative Research. Kendall/Hunt Publishing Compani; Dubuque, Lowa. Sebagaimana dikutip oleh Sugiyono dalam bukunya berjudul “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&Dâ€. Bandung: Alfabeta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta:
Prenadamedia Group.
Syarifudi, A. S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkanya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Volume 5 Nomor 1.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)