KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MATERI FPB DAN KPK KELAS IV SD NEGERI KARANGTEMPEL

Authors

  • USI DIAN SINTIKA Universitas PGRI Semarang
  • M. YUSUF SETIA WARDANA Universitas PGRI Semarang
  • ERVINA EKA SUBEKTI Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i4.1524

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada kejadian dilapangan saat siswa mengerjakan soal latihan Matematika dalam bentuk soal cerita seringkali siswa mengalami kesulitan dalam pemecahan soal tersebut. Dengan demikian maka peneliti menganalisis kesulitan belajar siswa serta upaya penangananya ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah. Peneliti bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi FPB dan KPK ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah SDN Karangtempel dan bagaimana upaya penangannya terhadap kesulitan belajar pemecahan masalah matematika siswa terhadap materi FPB dan KPK pada SDN Karangtempel. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Karangtempel dengan jumlah siswa 16 siswa. Sumber data diperoleh dari hasil kerja siswa, wawancara guru, dan wawancara siswa. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa siswa banyak yang masih mengalami kesulitan belajar. Adapun kesalahan siswa terletak pada pemahaman masalah sebanyak 3,75%, kesalahan perencanaan strategi sebanyak 52,5%, pada pelaksanaan strategi siswa mengalami kesalahan sebanyak 50%, dan sebanyak 40% siswa mengalami kesulitan dalam memeriksa kembali jawaban. Rekomendasi yang dapat diberikan yaitu dalam proses pembelajaran sebaiknya siswa memperhatikan dengan seksama supaya mudah memahami dan jika belum paham siswa memberanikan diri untuk bertanya dan meminta guru untuk menjelaskan kembali sampai benar-benar paham. Dan siswa dalam menjawab pertanyaan sebaiknya menjawab secara lengkap, tuliskanlah perencanaan penyelesaian, tuliskanlah penyelesaian, dan jangan lupa utuk mengecek kembali jawaban.

References

Purba, N. E., Surya, E., Syahputra, E., & Medan, P. U. (2017). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa melalui pemecahan masalah pada materi fpb dan kpk. PPs Unimed Medan, Sumatera Utara. Indonesia..

Subekti, E. E. (2011). Menumbuh kembangkan Berpikir Logis dan Sikap Positif terhadap Matematika melalui Pendekatan Matematika Realistik. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 1(1).

Safitri, F. N., Reffiane, F., & Subekti, E. E. (2020). Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Etnomatematika pada Materi Geometri Terhadap Hasil Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 492-498.

Saja’ah, U. F. (2018). Analisis kesulitan siswa kelas IV Sekolah Dasar dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 98-104.

Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2017). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Pecahan di Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 451-462.

Wardana, M. Y. S., & Rifaldiyah, Y. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Kognitif Pemecahan Masalah Matematika. Thinking Skills and Creativity Journal, 2(1), 19-26.

Published

2022-03-15

Issue

Section

Articles