ANALISIS UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI KEDUNGMUNDU SEMARANG

Authors

  • VIDYA MUDITHA SRIPARAMITA
  • QORIATI MUSHAFANAH
  • KISWOYO KISWOYO

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i4.1528

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya karakter disiplin dalam lingkungan sekolah. Fokus penelitian ini adalah bagaimana upaya pembentuan karakter disiplin pada pramuka penggalang dalam ekstrakulikuer pramuka di SD Kedungmundu Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya pembentukan karakter disiplin yang dilakukan Pembina melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka di SD Negeri Kedungmundu. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kedungmundu Semarang, dengan melibatkan 37 peserta didik yang mengikuti kegiatan pramuka dan Pembina pramuka penggalang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan dapat melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukan bahwa ekstrakulikuler pramuka dapat membantu pembentukan karakter disiplin. Karakter disiplin dapat terbentuk melalui upaya yang dilakukan Pembina seperti sistem among dan pemberian hukuman serta penghargaan, dan melalui materi seperti PBB, upacara latihan harian dan berkemah.

Kata Kunci: karakter, disiplin, pramuka

References

Aulina, C. N. (2013). Penanaman disiplin pada anak usia dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36-49.

Dani, A. S., & Anwari, B. (2015). Buku Panduan Pramuka Siaga. Penerbit Andi.

Daryanto & Darmiatun, S. (2013). Implemantasi Pendidikan Krakater di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 33.

Koti, S., Ertanti, D. W., & Dewi, M. S. (2020). Impelementasi Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di MI Al-Fattah Malang. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(3), 135-142.

Muslich, M., & Karakter, P. (2011). Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara, 21.

Mukhlish, M. (2016). Implementasi kegiatan pramuka dalam membentuk karakter disiplin siswa anggota gerakan pramuka Sekolah Dasar Negeri Sukun 3 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim).

Muflihin. M. H. (2019). Mengajar dan Membiba Kegiatan Pramuka. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Soegeng, A.Y. (2016). Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum PustakaUtama.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tim Esensi. (2012). Mengenal Gerakan Pramuka. Jakarta: Erlangga

Published

2022-03-15

Issue

Section

Articles