ANALISIS UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN DALAM KEGIATAN EKSTRAKULIKULER PRAMUKA DI SD NEGERI KEDUNGMUNDU SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v2i4.1528Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya karakter disiplin dalam lingkungan sekolah. Fokus penelitian ini adalah bagaimana upaya pembentuan karakter disiplin pada pramuka penggalang dalam ekstrakulikuer pramuka di SD Kedungmundu Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya pembentukan karakter disiplin yang dilakukan Pembina melalui kegiatan ekstrakulikuler pramuka di SD Negeri Kedungmundu. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Kedungmundu Semarang, dengan melibatkan 37 peserta didik yang mengikuti kegiatan pramuka dan Pembina pramuka penggalang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan dapat melalui wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukan bahwa ekstrakulikuler pramuka dapat membantu pembentukan karakter disiplin. Karakter disiplin dapat terbentuk melalui upaya yang dilakukan Pembina seperti sistem among dan pemberian hukuman serta penghargaan, dan melalui materi seperti PBB, upacara latihan harian dan berkemah.
Kata Kunci: karakter, disiplin, pramuka
References
Aulina, C. N. (2013). Penanaman disiplin pada anak usia dini. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 2(1), 36-49.
Dani, A. S., & Anwari, B. (2015). Buku Panduan Pramuka Siaga. Penerbit Andi.
Daryanto & Darmiatun, S. (2013). Implemantasi Pendidikan Krakater di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.
Nasional, D. P. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas, 33.
Koti, S., Ertanti, D. W., & Dewi, M. S. (2020). Impelementasi Kegiatan Ekstrakulikuler Pramuka dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa di MI Al-Fattah Malang. JPMI: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(3), 135-142.
Muslich, M., & Karakter, P. (2011). Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara, 21.
Mukhlish, M. (2016). Implementasi kegiatan pramuka dalam membentuk karakter disiplin siswa anggota gerakan pramuka Sekolah Dasar Negeri Sukun 3 Malang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Islam Maulana Malik Ibrahim).
Muflihin. M. H. (2019). Mengajar dan Membiba Kegiatan Pramuka. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Soegeng, A.Y. (2016). Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum PustakaUtama.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Esensi. (2012). Mengenal Gerakan Pramuka. Jakarta: Erlangga
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)