UPAYA MENINGATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI KEGIATAN BERNYANYI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 03 GABUS

Authors

  • AGNES SATYA RAMADHAN Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • EKA SARI SETIANINGSIH Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • QORIATI MUSHAFANAH Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1560

Abstract

Rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA menunjukkan adanya indikasi terhadap rendahnya kinerja belajar siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan motivasi belajar siswa melalui kegiatan bernyanyi pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 03 Gabus. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 3 siswa. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan pemberian angket, tes, dan wawancara yang berupa soal IPA pada materi Alat Indera dan Fungsinya. Hasil dari pengisian angket siswa diklasifikasikan pada 3 kategori yaitu motivasi belajar tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa kelas IV di SD Negeri 03 Gabus yang memiliki tingkat motivasi belajar tinggi cenderung memiliki kemampuan belajar IPA yang tinggi setelah guru menggunakan metode bernyanyi saat pembelajaran berlangsung. Pada siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar sedang ia memiliki tingkat kemampuan belajar IPA yang tinggi setelah guru menggunakan metode bernyanyi. Sedangkan untuk siswa yang memiliki motivasi belajar rendah ia memiliki kemampuan belajar IPA yang rendah juga. Karena dari awal mungkin mereka sudah tidak memperhatikan jadi ketika guru menggunakan metode yang berbeda ia tidak tertarik sama sekali dan menganggapnya seperti hal yang biasa. Dari hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa metode bernyanyi sangat berpengaruh pada motivasi belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 03 Gabus.
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Motivasi Belajar, Kemampuan Belajar IPA

Author Biographies

AGNES SATYA RAMADHAN, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

EKA SARI SETIANINGSIH, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

QORIATI MUSHAFANAH, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Fadillah, M. (2012). Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fauziah, I. S. (2017). UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI LESSON. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 30-38.

Lahamado, I. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Materi Bernyanyi Melalui Metode Demonstrasi Siswa Kelas V SDNRarampadende. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 6.

Muliawan, J. U. 2009. Manajemen Play Group dan Taman Kanakkanak. Yogyakarta: DIVA Press.

Santrock. 2010 . Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sugiyono. 2007. Metodologi Penelitian Bisnis. PT. Gramedia. Jakarta.

Soeparno, K. 2011. Social Psychology: The Passion of Psychology. Buletin Psikologi, 16(1), 32-42.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik bagi Anak Usia. jakarta: Kencana Prenada.

Wahyuningsih, P. 2011. Faktor-Faktor yang Menyebabkan Rendahnya Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI Madrasah Aliyah Al-Iman Kota Magelang. Skripsi Jurusan Sosiologi dan Antropologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang

Published

2022-03-26

Issue

Section

Articles