STRATEGI DISKO UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1562Abstract
Pembelajaran fisika secara tradisional dengan metode ceramah, dimana guru lebih banyak aktif (teacher-oriented) sedangkan siswa hanya sebagai pendengar saja menyebabkan siswa cepat lelah dan tidak fokus pada pembelajaran. Ternyata menggunakan strategi disko (diskusi dan kompetisi) dalam pembelajaran fisika SMA bab gerak lurus, dapat meningkatkan semangat belajar seluruh siswa. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan hasil belajar aspek pengetahuan pada mata pelajaran fisika. Jenis metode yang digunakan pada penelitia ini adalah metode tindakan kelas. Pembelajaran dengan strategi disko ternyata mampu meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas dan meningkatkan perolehan nilai seluruh siswa. Penelitian yang dilaksanakan dalam 2 siklus meningkatkan nilai rata-rata aspek pengetahuan dari kondisi awal 73 menjadi 91 pada siklus 1 dan mencapai nilai rata-rata 95 pada siklus 2 dengan ketuntasan 100 % di kedua siklus.Kata Kunci: diskusi, kompetisi, kinematika gerakÂ
References
Anitah, S. W. (2008), Strategi Pembelajaran Fisika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2006). Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 46.
Fisher, A. (2009). Berfikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.
Muijs, D., Reynolds, D., Soetjipto, H. P., & Soetjipto, S. M. (2008). Effective teaching: teori dan aplikasi. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.
Mulyasa, E (2007). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Saco. (2006). Model-model Pembelajaran. Mengembangkan Prestasi Guru. Jakarta: Rineka Cipta.
Sagala, S. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta
Sanjaya, W. (2008).Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Suprijono, A. (2010). Cooperative Learning. Yogyakarta:Pustaka Pelajar
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta:Kencana
Wahyana. (1986). Pengelolaan Pengajaran Fisika. Jakarta: Karunika Universitas Terbuka.
Winataputra, U. S. (2001). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)