ANALISIS FILM ANIMASI TAYO “MEMPERCEPAT ITU BERBAHAYA” DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • ANISA NUR HIDAYAH Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • HUSNI WAKHYUDIN Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • MEI FITA ASRI UNTARI Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1563

Abstract

Siswa biasanya menonton tayangan film di rumah dengan televisi dan youtube. Apalagi dengan adanya wabah COVID-19 kegiatan belajar mengajar di sekolah diganti dengan pembelajaran secara daring di rumah masing-masing, maka kegiatan anak-anak untuk menghabiskan waktu luang adalah dengan menonton televisi atau youtube. Banyak tayangan yang kurang layak ditonton oleh siswa seperti sinetron-sinetron di Indonesia yang memperlihatkan adegan perkelahian atau asmara. Namun disamping itu masih banyak tayangan yang dapat dijadikan media pendidikan karakter dan disukai oleh anak-anak salah satunya film Kartun Tayo The Little Bus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai karakter disiplin yang terdapat dalam Film Animasi Tayo “Mempercepat Itu Berbahayaâ€. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Dari hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa film animasi Tayo The Little Bus dengan tema “Mempercepat Itu Berbahaya†memberikan pengaruh positif pada karakter disiplin siswa kelas III SD Negeri 3 Jatilawang dan dapat dijadikan sarana dalam penanaman nilai karakter disiplin kelas III. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara, observasi dan angket. Film animasi Tayo The Little Bus dengan tema “Mempercepat Itu Berbahaya†banyak mengandung nilai karakter disiplin yang baik untuk dicontoh.
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Motivasi Belajar, Kemampuan Belajar IPAAnimasi Tayo, Nilai Karakter, Disiplin 

Author Biographies

ANISA NUR HIDAYAH, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

HUSNI WAKHYUDIN, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

MEI FITA ASRI UNTARI, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Hosnan, M. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mayer, Richard E., and Roxana Moreno. "Animation as an aid to multimedia learning." Educational psychology review 14.1 (2002): 87-99.

Moleong, Lexy J. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Samani, M., & Hariyanto, M. S. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugihartono, R. A., Herryprilosadoso, B., & Nurhadi, A. (2010). Animasi Kartun: Dari Analog Sampai Digital. Jakarta: Indeks.

Wibowo, Ari. "Keefektifan Metode klarifikasi nilai dalam meningkatkan karakter siswa pada mata pelajaran PKn." JIPSINDO (2015).

Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Grasindo, 82.

Published

2022-03-26

Issue

Section

Articles