ANALISIS FILM ANIMASI TAYO “MEMPERCEPAT ITU BERBAHAYA†DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1563Abstract
Siswa biasanya menonton tayangan film di rumah dengan televisi dan youtube. Apalagi dengan adanya wabah COVID-19 kegiatan belajar mengajar di sekolah diganti dengan pembelajaran secara daring di rumah masing-masing, maka kegiatan anak-anak untuk menghabiskan waktu luang adalah dengan menonton televisi atau youtube. Banyak tayangan yang kurang layak ditonton oleh siswa seperti sinetron-sinetron di Indonesia yang memperlihatkan adegan perkelahian atau asmara. Namun disamping itu masih banyak tayangan yang dapat dijadikan media pendidikan karakter dan disukai oleh anak-anak salah satunya film Kartun Tayo The Little Bus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai karakter disiplin yang terdapat dalam Film Animasi Tayo “Mempercepat Itu Berbahayaâ€. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Dari hasil temuan penelitian ini menunjukkan bahwa film animasi Tayo The Little Bus dengan tema “Mempercepat Itu Berbahaya†memberikan pengaruh positif pada karakter disiplin siswa kelas III SD Negeri 3 Jatilawang dan dapat dijadikan sarana dalam penanaman nilai karakter disiplin kelas III. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara, observasi dan angket. Film animasi Tayo The Little Bus dengan tema “Mempercepat Itu Berbahaya†banyak mengandung nilai karakter disiplin yang baik untuk dicontoh.Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Motivasi Belajar, Kemampuan Belajar IPAAnimasi Tayo, Nilai Karakter, DisiplinÂ
References
Hosnan, M. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mayer, Richard E., and Roxana Moreno. "Animation as an aid to multimedia learning." Educational psychology review 14.1 (2002): 87-99.
Moleong, Lexy J. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Samani, M., & Hariyanto, M. S. (2011). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugihartono, R. A., Herryprilosadoso, B., & Nurhadi, A. (2010). Animasi Kartun: Dari Analog Sampai Digital. Jakarta: Indeks.
Wibowo, Ari. "Keefektifan Metode klarifikasi nilai dalam meningkatkan karakter siswa pada mata pelajaran PKn." JIPSINDO (2015).
Tu’u, T. (2004). Peran disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta: Grasindo, 82.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)