PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN MEDIA WAYANG KARTUN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SAMBAN 01 KABUPATEN SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1564Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan bercerita siswa dan rendahnya proses pembelajaran bercerita. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan bercerita siswa dengan menggunakan media wayang kartun. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas III SD Negeri Samban 01 Kabupaten Semarang, berjumlah 29 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes, observasi, dan angket. Penelitian ini dilaksanakan selama dua siklus. Prosedur penelitian tiap siklus terdiri dari empat tahap yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media wayang kartun mampu meningkatkan proses pembelajaran bercerita yang ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan siswa melakukan tanya-jawab, siswa memperhatikan penjelasan guru, siswa antusias dalam kegiatan bercerita, dan siswa berani bercerita di depan kelas. Skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 13,04 dan pada siklus II meingkat menjadi 17,03. Penggunaan media wayang kartun juga mampu meningkatkan keterampilan bercerita siswa yang ditunjukkan dengan meningkatnya aspek-aspek keterampilan bercerita yaitu pelafalan, pilihan kata, kelancaran, gaya/ ekpresi, penghayatan, dan penguasaan cerita. Pada siklus I keterampilan bercerita siswa memperoleh skor rata-rata 19,09, dan pada siklus II meningkat menjadi 25,15. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan media wayang kartun mampu meningkatkan keterampilan bercerita pada siswa kelas III SD Negeri Samban 01 Kabupaten Semarang. Saran yang dapat disampaikan peneliti adalah supaya media wayang kartun dapat digunakan sebagai salah satu media alternatif guru dalam meningkatkan keterampilan bercerita siswa.Kata Kunci: Keterampilan bercerita, media wayang kartun, Bahasa IndonesiaÂ
References
Abdhi, Muhammad. 2020. Kartun. https://dunia.pendidikan.co.id/kartun/.
Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Delvia, Riri, Rifma, Taufina, dkk. “Peningkatan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Bercerita di Sekolah Dasarâ€. Jurnal Basicedu, 3(4). https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/230.
Depdiknas. “Arti Kata Wayangâ€. Kamus Besar Bahasa Indonesia. https://kbbi.web.id/wayang.html.
Fitrah, Muh, dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian: Penelitian Kuantitaif, Tindakan Kelas & Study Kasus. Sukabumi: CV Jejak.
Hikmah, Vela, Nur, dan Purnamasari, Iin. 2017. “Pengembangan Video Animasi “Bang Dasi†Berbasis Aplikasi Camtasia Pada Materi Bangun Datar Kelas V Sekolah Dasarâ€. Mimbar Sekolah Dasar, 4 (2). https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/view/6352.
Martha, Nia, Ulfa, dan Krisnawati, Vera. 2018. Peningkatan Keterampilan Bercerita Dengan Menggunakan Media Wayang Kartun Pada Siswa VII A SMP Negeri 4 Purbalingga Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal bahastra, 38 (2). https://dx.org/10.26555/bahastra.v38i2.11169.
Permendikbud. 2016. “Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar dan Menengahâ€. https://bsnp-indonesia.org/2016/08/peraturan-menteri-pendidikan-dan-kebudayaan-nomor-24-tahun-2016/.
Risaldy, Sabil. 2014. Bermain, Bercerita, dan Bernyanyi Bagi Anak Usia Dini. Jakarta: Luxima Metro Media.
Subhayni, Sa’adiah, dan Armia. 2017. Keterampilan Bebicara. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.
Tasrif, H. 2017. “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III SD Negeri 092 Pagarantongaâ€. Jurnal Sekolah, 1 (3), 94-103.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)