ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN IPS TEMA 1-3 KELAS IV SD PADA BUKU PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIDKAN DAN KEBUDAYAAN
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1572Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah adanya perubahan pembelajaran IPS yang awalnya pembelajaran per mata pelajaran menjadi pembelajaran tematik yang saat mempengaruhi penggunaan buku ajar dan ruang lingkup IPS dan adanya materi pembelajaran yang tumpang tindih dalam pembelajaran tematik di kurikulum 2013.Permasalahan dalam penelitian ini adalah pengelompokan ruang lingkup IPS pada buku tematik tema 1-3 kelas IV Pada buku Kemendikbud. Tujuan yang hendak di capai dalam penelitian ini adalah untuk adalah untuk mengetahui dan menganalisis lebih lanjut tentang materi pembelajaran IPS tema 1-3 kelas IV di sekolah dasar pada buku penerbit kementerian pendidikan dan kebudayaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Kualitatif. Subjek penelitian ini adalah buku tematik tema 1-3 kelas IV terbitan Kemendikbud. Data dalam penelitian ini di peroleh melalui wawancara dan studi kepustakaan. Hasil analisis ruang lingkup IPS pada buku tematik tema 1-3 kemendikbud kelas IV terbitan kemendikbud menunjukan bahwa materi IPS ada di semua tema dan subtema namun hanya ada di pembelajaran 1 dan 5 saja dan ruang lingkupnya Antropologi dan Geografi.
Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Buku Tematik, dan, Siswa SD
ÂReferences
Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No.20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Dewi. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Masalah Sosial IPS Pada Siswa Sekolah Dasarâ€. Premiere Educandum
Hakim, R.A.2017. “Efektivitas Permainan Tradisonal Gobag Sodor Untuk Pembelajaran IPS kelas IV Sekolah Dasarâ€. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar
Lubis, M. A, 2018, Pembelajaran Tematik di SD/MI, Samudra Biru: Yogyakarta
Makrifah.2020. “Pengembangan Bahan Ajar Buku Teks IPS Tema Indahnya Kebersamaan Pada Siswa Kelas 4 MI An Nuriyah Kwanyar Bangkalanâ€. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam
Nurbudiyani, Iin.2013. “Pelaksanaan Pengukuran Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SD Muhammadiyah Palangkarayaâ€. Jurnal Anterior
Rohmah, dkk. 2017. “Pengembangan Buku Ajar IPS SD Berbasis Konstektualâ€. Jurnal Pendidikan
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Edisi Revisi, Alfabeta: Bandung
Utami dan Putra. 2017. “Analisis Fakta Pada Muatan IPS Dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Kelas IV SDâ€. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)