DAMPAK COVID-19 PADA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING DI SDN BINTORO 1 DEMAK
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1575Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah wabah Coronavirus yang menimbulkan dampak ke bidang pendidikan yang sangat besar seperti pada gangguan pembelajaran siswa dan gangguan dalam penilaian. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat banyak kendala yang dialami oleh murid, guru dan orangtua dalam kegiatan mengajar, sehingga penulis berkeinginanan untuk mengkaji dampak Covid-19 pada pelaksaanaan pembelajaran daring dan bagaimana solusi pembelajajaran daring menjadi efektif di SDN Bintoro 1 Demak dimasa pademi..Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran dan mengetahui bagaimana dampak Covid-19 pada pelaksanaan pembelajaran di SD Bintoro 1 Demak serta solusi pembelajaran daring di SDN Bintoro 1 Demak selama pademi. Jenis Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh melalui wawancara, angket dan studi dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala sekolah, guru dan orangtua siswa. Setelah melakukan wawancara penulis membagi angket kepada kepala sekolah dan guru serta meminta dokumen yang dibutuhkan dalam penelitian penulis. penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk menentukan subjek penelitiannya. Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu. Dari hasil penelitian bahwa SDN Bintoro 1 Demak memiliki dampak Covid-19 seperti jaringan, pembelajaran kurang menarik, orangtua yang kurang mendampingi anak saat pembelajaran daring tetapi SDN Bintoro 1 Demak memiliki solusi pelaksanaan pembelajaran daring seperti Website khusus untuk pembelajaran daring, pelaksanaan pembelajran daring di SDN Bintoro 1 Demak memiliki keunikan sendiri dalam pelaksanaan pembelajaran daring membuat pembelajaran daring efektif.
Kata Kunci: Dampak Covid-19, Pembelajaran daring, Solusi pembelajaran daring
ÂReferences
Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I, 7(5), 395-402.
Dimyanti & Mudjiono. (2013). Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan. (2020). Merdeka Belajar. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/index.php. Diakses tanggal 17 Agustus 2020
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19). https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-Covid19. Diakses tanggal 17 Mei 2020
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Sekretaris jendral Kemendikbud Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah dalam masa darurat penyebaran Corona Virus Disease https://dispendik.surabaya.go.id/wp-content/uploads/2020/05/SE-Sesjen-Nomor-15-Tahun-2020.pdf. Diakses tanggal 17 Mei 2020
Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung:Remaja Rosdakarya
Santoso, E. (2009). Pengaruh pembelajaran online terhadap prestasi belajar kimia ditinjau dari kemampuan awal siswa (studi eksperimen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwantoro Wonogiri) (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).
Sugiyarti, L., Arif, A., & Jakarta, U. N. (2018). Pembelajaran Abad 21 Di SD. In Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar 2018.
Susanto. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grub
Yurianto, A., & Bambang Wibowo, K. P. (2020). Pedoman Pencegahan Dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19)(MI Listiana Azizah, Adistikah Aqmarina.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)