ANALISIS KESULITAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH SISWA SD NGADIKERSO II KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1576Abstract
Latar belakang yang mendorong dalam penelitian ini adalah berbagai macam kendala pembelajaran jarak jauh yang dialami siswa sekolah dasar dimasa pandemic di SDN Ngasikerso kecamatan Sumowono. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan yang dialami siswa saat proses pembelajaran jarak jauh. Jenis penelitian ini kualitatif metode diskriptif, subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Ngadikerso II Sumowono, sumber data diperoleh melalui wawancara, dokumen dan pengisian angket. Pengecekan data dengan cara trigulasi tehnik dan sumber, sedangkan tehnik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran jarak jauh,kesulitan yang dialami siswa dipengaruhi oleh factor internal dan factor eksternal yeng saling berkaitan, factor internal siswa berkaitan dengan sikap siswa saat mengikuti pembelajaran jarak jauh, sedangkan factor eksternal berkaitan dengan gangguan yang dialami siswa saat mengikuti pembelajaran, fasilitas penunjang siswa¸metode pembelajaran jarak jauh yang kurang fleksibel sehinga siswa merasa bosan.
Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh, Sekolah Dasar
ÂReferences
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Aunurrahman. (2014). Belajar dan Pembelajaran. Bandung:CV. Alfabeta.
Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: CV. IKIP Semarang Perss.
Depdiknas, 2003. Undang-undang RI No.20 tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Hamalik, Oemar.2001. Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Polya (1985). Pengertian pemecahan masalah. [Online]. Tersedia: (http://yukberhitung.weebly.com/materi/pengertian pemecahan/masalahmatematika.) Diunduh 11 Oktober 2020.
Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Susanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU20-2003-Sisdiknas.PDF). 11 Oktobe 2016.
Warsita, Bambang. 2011. Pendidikan Jarak Jauh, Perencanaan, Pengembangan, Implementasi, Dan Evaluasi Diklat. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)