ANALISIS MATERI PEMBELAJARAN IPS TEMA 4-5 KELAS IV SD PADA BUKU PENERBIT KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1577Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan penyampaian mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang mulanya disampaikan dengan mata pelajaran berubah menjadi tematik. Hal ini sangat memengaruhi penggunaan buku ajar. Dalam perubahan ini buku ajar yang digunakan tentunya buku ajar tematik. Buku ajar tematik sendiri ada banyak yang digunakan di sekolah. Akan tetapi, buku ajar tematik terbitan Kemendikbud yang banyak di gunakan sekolah-sekolah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis tentang materi pembelajaran Ilmu Pengetahuaan Sosial (IPS) pada buku ajar tema 4 dan 5 Kelas IV semester I Penerbit Kemendikbud. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini berupa hasil studi dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa materi pembelajaran Pengetahuan Sosial (IPS) yang disampaikan pada buku ajar tema 4 dan 5 kelas IV semester I terbitan Kemendikbud yaitu mencakup ruang lingkup Ekonomi dan Sejarah. Pada tema 4 ruang lingkupnya adalah Ekonomi dan tema 5 ruang lingkupnya adalah Sejarah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dalam buku ajar tematik kelas IV tema 4 dan 5 terbitan Kemendikbud terdapat di setiap subtema. Akan tetapi, materi Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) hanya muncul pada pembelajaran 1 dan 5.
Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Buku ajar, pembelajaran tematik
References
Anjassari, Mita. (2014) “Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di Kelas IV – VI SDN Mojolangu 5 Kecamatan Lowokwaru Kota Malangâ€. Skripsi. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.
Anwar, Muhammad. 2017. Filsafat Pendidikan. Jakarta : PT Aditya Andrebina Agung.
Ahmadi, Iif Khoiru dan Sofan Amri. 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya
Febry Fahreza Feni Mila Rosa. 2019 “Pembelajaran IPS Berdasarkan Kurikulum 2013 di Kelas IV SDN Negeri Paya Peunaga Kabupaten Aceh Barat.†Jurnal Ilmiah STKIP Bina Bangsa Meulabo. Vol. 10, No. 1.
Harizki Agung Nugroho dan Ishartiwi.2019. “Analisis Perbedaan Pada Kurikulum KTSP Dan Kurikulum 2013 Terhadap Penyesuaian Alokasi Waktu Perminggu Untuk SDLBâ€Jurnal ilmiah Universitas Negeri Jogyakarta. Vol. 3, No.1.
Ibadullah dan Ani. 2017. Pembelajaran Tematik SD/MI: Jawa Timur:Media Grafika
Ima Wahyu Putri Utami dan Arda Purnama Putra. 2017 “Analisis Fakta Pada Muatan IPS dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Kelas IV SD†Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. Vol. 3, No.1.
Listyowati, Ika Sari (2014) “Studi Komparasi Antara Model Pembelajaran Stad Dan PBL Terhadap Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Wates 01 Semarang†Skripsi. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Sudin, Ali. 2017. Kurikulum dan pembelajaran. Bandung : UPI Press
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)