PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS JASMANI DALAM KARAKTER TANGGUNG JAWAB TEMA DIRIKU SUB TEMA PRIBADI BAGI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1578Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model penunjang pembelajaran yang kurang efektif, kurangnya minat belajar, serta kurangnya variasi dan kreasi pengembangan pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Adapun tujuan penelitian ini mengembangkan model pembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karakter tanggung jawab tema diriku sub tema pribadi bagi siswa kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menerapkan prosedur model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian siswa kelas III SD N 1 Ketringan Jiken yang diambil adalah kelas III yang berjumlah 17 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari lembar angket ahli media, lembar angket ahli materi, dan angket siswa serta informasi yang didapatkan dari guru SD. Hasil penelitian menghasilkan pengembangan model pembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karakter tanggung jawab tema diriku sub tema pribadi bagi siswa kelas III Sekolah Dasar, valid dan praktis serta efektif digunakan sebagai model pembelajaran kelas III SD Negeri 1 Ketringan Jiken. Dikatakan valid berdasarkan uji validasi yang dilakukan oleh ahli model dan ahli materi. Hasil uji validasi model mencapai tingkat 93% dengan kategori “Sangat Layak†dan hasil uji validasi materi mencapai kevalidan sebesar 77% dengan kategori “Layak Digunakanâ€. Simpulan peenilitian ini pengembangan model pembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karakter tanggung jawab tema diriku sub tema pribadi bagi siswa kelas III Sekolah Dasar, valid dan praktis serta efektif digunakan sebagai model pembelajaran kelas III SD Negeri 1 Ketringan Jiken.
Kata Kunci: Pengembangan, Model Aktivitas Jasmani, Tanggung Jawab
References
Aryamanesh, S. & Sayyah, M. 2014. Effect of Some selected Games on the Development of Locomotor Skills in 4-6 Year Old Preschool Boys. International Journal of Sport Studies. Vol., 4 (6), 648-652, 2014. Diakses pada tanggal 21 November 2014 di http: www.ijssjournal.com.
Astuti, F, dkk. 1997. Bahan Ajar Pendidikan Seni Tari dan Drama. Padang: IKIP-Padang
Langer, 1975. Dance Composition. Terjemahan Sudarsono, Komposisi Tari, Elemen elemen Dasar Tari, Yokyakarta.
Mikdar, U.Z. 2006. Hidup Sehat: Nilai Inti Berolahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Mulyatiningsih. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabet.
Mutohir. 2007. Sport Development Index. Jakarta. PT Indeks.
Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 pendidikan.
Susanto, Ahmad. 2017. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R &D. Bandung: Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nuraini dan Bambang Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Anak. Jakarta: PT Indeks.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)