PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS AKTIVITAS JASMANI DALAM KARAKTER TANGGUNG JAWAB TEMA DIRIKU SUB TEMA PRIBADI BAGI SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • RIRIES KHAIRUR ROHMAH Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • ASEP ARDIYANTO Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • KHUSNUL FAJRIYAH Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1578

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan model penunjang pembelajaran yang kurang efektif, kurangnya minat belajar, serta kurangnya variasi dan kreasi pengembangan pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Adapun tujuan penelitian ini mengembangkan model pembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karakter tanggung jawab tema diriku sub tema pribadi bagi siswa kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menerapkan prosedur model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek penelitian siswa kelas III SD N 1 Ketringan Jiken yang diambil adalah kelas III yang berjumlah 17 siswa. Data penelitian ini diperoleh dari lembar angket ahli media, lembar angket ahli materi, dan angket siswa serta informasi yang didapatkan dari guru SD. Hasil penelitian menghasilkan pengembangan model pembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karakter tanggung jawab tema diriku sub tema pribadi bagi siswa kelas III Sekolah Dasar, valid dan praktis serta efektif digunakan sebagai model pembelajaran kelas III SD Negeri 1 Ketringan Jiken. Dikatakan valid berdasarkan uji validasi yang dilakukan oleh ahli model dan ahli materi. Hasil uji validasi model mencapai tingkat 93% dengan kategori “Sangat Layak†dan hasil uji validasi materi mencapai kevalidan sebesar 77% dengan kategori “Layak Digunakanâ€. Simpulan peenilitian ini pengembangan model pembelajaran berbasis aktivitas jasmani dalam karakter tanggung jawab tema diriku sub tema pribadi bagi siswa kelas III Sekolah Dasar, valid dan praktis serta efektif digunakan sebagai model pembelajaran kelas III SD Negeri 1 Ketringan Jiken.

Kata Kunci: Pengembangan, Model Aktivitas Jasmani, Tanggung Jawab

Author Biographies

RIRIES KHAIRUR ROHMAH, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

ASEP ARDIYANTO, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

KHUSNUL FAJRIYAH, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Aryamanesh, S. & Sayyah, M. 2014. Effect of Some selected Games on the Development of Locomotor Skills in 4-6 Year Old Preschool Boys. International Journal of Sport Studies. Vol., 4 (6), 648-652, 2014. Diakses pada tanggal 21 November 2014 di http: www.ijssjournal.com.

Astuti, F, dkk. 1997. Bahan Ajar Pendidikan Seni Tari dan Drama. Padang: IKIP-Padang

Langer, 1975. Dance Composition. Terjemahan Sudarsono, Komposisi Tari, Elemen elemen Dasar Tari, Yokyakarta.

Mikdar, U.Z. 2006. Hidup Sehat: Nilai Inti Berolahraga. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Mulyatiningsih. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabet.

Mutohir. 2007. Sport Development Index. Jakarta. PT Indeks.

Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 pendidikan.

Susanto, Ahmad. 2017. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Grup.

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R &D. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nuraini dan Bambang Sujiono. 2010. Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Anak. Jakarta: PT Indeks.

Published

2022-03-26

Issue

Section

Articles