UPAYA MENINGKATAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN MEMBUAT RPP MELALUI PENDAMPINGAN BERBASIS LESSON STUDY GURU SD NEGERI 2 SIDAKANGEN KORWILCAMDIKPORA KECAMATAN KALIBENING KABUPATEN BANJARNEGARA
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1579Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya Motivasi guru dalam menyusun perencanaan dan Kemampuan Membuat RPP di SD Negeri 2 Sidakangen Korwilcamdikpora Kecamatan Kalibening. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Membuat RPP melalui Pendampingan  Berbasis Lesson Study di SD Negeri 2 Sidakangen Korwilcamdikpora Kecamatan Kalibening. Penelitian ini dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2021/2022, dengan mengambil subyek penelitian guru kelas di SD Negeri 2 Sidakangen Korwilcamdikpora Kecamatan Kalibening  yang berjumlah 6 orang. Metode yang digunakan melakukan dua tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan & observasi dan refleksi. Hasil Pendampingan berbasis Lesson Study dapat meningkatkan Motivasi guru dalam menyusun RPP dari rata-rata nilai 50,51 pada pra siklus meningkat menjadi 82,82 pada siklus II. Pendampingan berbasis lesson study dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP dari rata-rata nilai 52,67 pada pra siklus meningkat menjadi 86,33 pada siklus II. Berdasarkan hasil analisi data dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pendampingan berbasis Lesson Study dapat meningkatkan Motivasi guru dan Kemampuan Membuat RPP di SD Negeri 2 Sidakangen Korwilcamdikpora Kecamatan Kalibening. Kata Kunci: Motivasi, Membuat RPP, Pendampingan Berbasis Lesson Study  Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya Motivasi guru dalam menyusun perencanaan dan Kemampuan Membuat RPP di SD Negeri 2 Sidakangen Korwilcamdikpora Kecamatan Kalibening. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Membuat RPP melalui Pendampingan   Berbasis Lesson Study di SD Negeri 2 Sidakangen Korwilcamdikpora Kecamatan Kalibening. Penelitian ini dilakukan pada semester 2 tahun pelajaran 2021/2022, dengan mengambil subyek penelitian guru kelas di SD Negeri 2 Sidakangen Korwilcamdikpora Kecamatan Kalibening  yang berjumlah 6 orang. Metode yang digunakan melakukan dua tindakan dalam dua siklus. Tiap siklus terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan & observasi dan refleksi. Hasil Pendampingan berbasis Lesson Study dapat meningkatkan Motivasi guru dalam menyusun RPP dari rata-rata nilai 50,51 pada pra siklus meningkat menjadi 82,82 pada siklus II. Pendampingan berbasis lesson study dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP dari rata-rata nilai 52,67 pada pra siklus meningkat menjadi 86,33 pada siklus II. Berdasarkan hasil analisi data dan pembahasan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pendampingan berbasis Lesson Study dapat meningkatkan Motivasi guru dan Kemampuan Membuat RPP di SD Negeri 2 Sidakangen Korwilcamdikpora Kecamatan Kalibening.ÂReferences
Arikunto, S. (2005). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Permendikbud no.22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Jakarta: Kemdikbud.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2012). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Dimyati. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Rineka Cipta.
Gagne. R. M. (2004). Kondisi Belajar dan Teori Pembelajaran. (terjemah Munandir). PAU Dirjen Dikti Depdikbud. Jakarta.
Judge, T. A., Woolf, E. F., & Hurst, C. (2009). Is emotional labor more difficult for some than for others? A multilevel, experienceâ€sampling study. Personnel Psychology, 62(1), 57-88.
Miles & Hubberman. (1992). Analisis Data Kualitatif. Jakarta : Universitas Indonesia Press.
Robotham, D., & Jubb, R. (1996). Competences: measuring the unmeasurable. Management development review.
Sahertian, P. (2000). Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam rangka Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta
Mulyana, S. 2007. Lesson Study (Makalah). Kuningan: LPMP- Jawa Barat
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)