ANALISIS KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN DRILL DI KELAS III SD NEGERI KEMBANG 01 KABUPATEN

Authors

  • YENI AYU MARIA Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • KISWOYO KISWOYO Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • MIRA AZIZAH Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1581

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah keterampilan menulis ringkasan siswa yang rendah. Hal ini disebabkan karena siswa kurangnya minat siswa, penguasaan kosakata, media dan strategi pembelajaran yang digunakan kurang menarik, kurangnya kegiatan latihan menulis ringkasan, kurangnya rasa percaya diri siswa untuk bertanya apabila mengalami kesuslitan. Solusi yang ditawarkan oleh peneliti adalah supaya metode drill dijadikan sebagai salah satu alternatif guru dalam meningkatkan keterampilan menulis ringkasan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana keterampilan menulis ringkasan peserta didik kelas III melalui metode pembelajaran drill di SDN Kembang 01. Tujuan dalam penelitian ini adalah adalah untuk menganalisis keterampilan menulis ringkasan peserta didik kelas III melalui metode pembelajaran drill di SDN Kembang 01. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah kelas III SDN Kembang 01 yang terdiri dari 23 siswa. Subyek penelitian adalah 14 siswa kelas III SDN Kembang 01 tahun pelajaran 2020-2021. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui metode pembelajaran drill keterampilan menulis ringkasan di kelas III SDN Kembang 01 mengalami peningkatan yang dapat dilihat berdasarkan daftar nilai keterampilan menulis ringkasan sebelum dan sesudah penerapan metode drill. Kesimpulannya, bahwa melalui metode pembelajaran drill keterampilan menulis ringkasan di kelas III SDN Kembang 01 meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya metode drill dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru dalam meningkatkan keterampilan menulis.

Kata Kunci: keterampilan menulis, ringkasan, metode drill

 

Author Biographies

YENI AYU MARIA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

KISWOYO KISWOYO, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

MIRA AZIZAH, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Anselm, Strauss dan Juliet Corbin. (2003). “Dasar-dasar Penelitian Kualitatifâ€. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Dalman.2013. Keterampilan menulis. Jakarta : Rajawali Pers

Keraf, G. (1994). Komposisi. Jakarta: Nusa Indah.

Moh. Nazir. 1988. Metodologi Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.Nana Sudjana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algesindo. Bandung

Roestiyah, N. K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sugiono, 2016. Metode Penelitian Kuantiitatif, Kualitataif, R&D. Bandung : IKAI

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Published

2022-03-26

Issue

Section

Articles