MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI KOMPETENSI LARUTAN ELEKTROLIT PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIPA-6 SMA NEGERI 1 PEKALONGAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Authors

  • FAHMI FAHMI SMA Negeri 1 Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1582

Abstract

rumusan masalah bagaimana proses pembelajaran, dan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui model PjBL pada kompetensi larutan elektrolit? Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, 2 pertemuan setiap siklus. Subyek penelitian keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan: proses pembelajaran, keterampilan berpikir tingkat tinggi: kreatif menjadi 86,8% (baik) dan kritis menjadi 87,3% (baik), dengan indikator keberhasilan sebesar 82% (baik).

Kata Kunci: keterampilan berpikir tingkat tinggi, larutan elektrolit, dan PjBL

 

Author Biography

FAHMI FAHMI, SMA Negeri 1 Pekalongan

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Abidin, Z. 2007. Analisis Eksistensial. Jakarta: Raja Grafindo.

Candra, R. A., Prasetya, A. T., dan Hartati, R. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project-Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 13. No 2. Hal 2437–2446.

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: Publisher.

Desnylasari, E., Mulyani, S., dan Mulyani, B. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Project-based Learning dan Problem Based Learning Pada Materi Termokimia Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Vol 5. No 1. Hal 134–142.

Doe, J. 2001. The Performance DNA System: Identitying, Prioritizing and Calibratiing Performance Criteria Personal Soft Skills Indicator. Canada: Excel Group Development.

Fahmi. 2018. Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Softskills Abad 21 Untuk Meningkatkan Kompetensi Persamaan Reaksi Pada Peserta Didik Kelas X MIPA-3 SMA Negeri 1 Pekalongan Semester 2 Tahun Pelajaran 2017-2018. Jurnal Kependidikan Dikdaktika. Semarang: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.

Fitrianti. 2016. Sukses Profesi Guru Dengan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Deepublish.

Hanafiah dan Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Hardiyanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran di Abad 21. Makalah. UNY.

Kasali, Renald. 2017. Disruption. Jakarta: PT Gramedia.

Kemdikbud. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Kemdikbud.

Kemdikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 26 Tahun 2016. Jakarta: Kemdikbud.

Moleong L. J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyani, E. 2011. Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Vol 8. No 1. Hal 1-18.

NYC Department of Education. 2009. Project-Based Learning: Inspiring Middle School Students to Engage in Deep and Active Learning. New York.

Permendikbud. 2016. Standar Penilaian Kurikulum 2013, Jakarta: Kemdikbud.

Subyantoro. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Sukoharjo: PT. Farishma Indonesia.

Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Stillman, David. dan Stillman, Jonah. 2018. Generazi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja. Jakarta: Gramedia Putaka Utama.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.

Yaumi, M. dan Damopolli M. 2014. Action Reseach, Teori, Model, Aplikasi. Jakarta: Prenada Media Group.

Published

2022-03-26

Issue

Section

Articles