MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI KOMPETENSI LARUTAN ELEKTROLIT PADA PESERTA DIDIK KELAS X MIPA-6 SMA NEGERI 1 PEKALONGAN SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2018-2019
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1582Abstract
rumusan masalah bagaimana proses pembelajaran, dan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi melalui model PjBL pada kompetensi larutan elektrolit? Penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus, 2 pertemuan setiap siklus. Subyek penelitian keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan: proses pembelajaran, keterampilan berpikir tingkat tinggi: kreatif menjadi 86,8% (baik) dan kritis menjadi 87,3% (baik), dengan indikator keberhasilan sebesar 82% (baik).
Kata Kunci: keterampilan berpikir tingkat tinggi, larutan elektrolit, dan PjBL
ÂReferences
Abidin, Z. 2007. Analisis Eksistensial. Jakarta: Raja Grafindo.
Candra, R. A., Prasetya, A. T., dan Hartati, R. 2019. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Melalui Penerapan Blended Project-Based Learning. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Vol 13. No 2. Hal 2437–2446.
Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif & Inovatif. Jakarta: Publisher.
Desnylasari, E., Mulyani, S., dan Mulyani, B. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Project-based Learning dan Problem Based Learning Pada Materi Termokimia Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). Vol 5. No 1. Hal 134–142.
Doe, J. 2001. The Performance DNA System: Identitying, Prioritizing and Calibratiing Performance Criteria Personal Soft Skills Indicator. Canada: Excel Group Development.
Fahmi. 2018. Model Pembelajaran Inquiry Terbimbing Berbasis Softskills Abad 21 Untuk Meningkatkan Kompetensi Persamaan Reaksi Pada Peserta Didik Kelas X MIPA-3 SMA Negeri 1 Pekalongan Semester 2 Tahun Pelajaran 2017-2018. Jurnal Kependidikan Dikdaktika. Semarang: Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah.
Fitrianti. 2016. Sukses Profesi Guru Dengan Penelitian Tindakan Kelas, Yogyakarta: Deepublish.
Hanafiah dan Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.
Hardiyanto. 2016. Belajar dan Pembelajaran di Abad 21. Makalah. UNY.
Kasali, Renald. 2017. Disruption. Jakarta: PT Gramedia.
Kemdikbud. 2014. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Kemdikbud.
Kemdikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 26 Tahun 2016. Jakarta: Kemdikbud.
Moleong L. J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyani, E. 2011. Model Pendidikan Kewirausahaan di Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jurnal Ekonomi & Pendidikan. Vol 8. No 1. Hal 1-18.
NYC Department of Education. 2009. Project-Based Learning: Inspiring Middle School Students to Engage in Deep and Active Learning. New York.
Permendikbud. 2016. Standar Penilaian Kurikulum 2013, Jakarta: Kemdikbud.
Subyantoro. 2017. Penelitian Tindakan Kelas. Sukoharjo: PT. Farishma Indonesia.
Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Stillman, David. dan Stillman, Jonah. 2018. Generazi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja. Jakarta: Gramedia Putaka Utama.
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Yaumi, M. dan Damopolli M. 2014. Action Reseach, Teori, Model, Aplikasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)