PENGEMBANGAN CELOPERDAM (CELEMEK ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMA 4 SUBTEMA 1 KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1584Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya nilai siswa khususnya pada mata pelajaran IPA materi sistem peredaran darah yang diakibatkan oleh proses pembelajaran yang kurang aktif, kreatif, dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan, kelayakan dan kevalidan media CELOPERDAM pada siswa kelas V di dua sekolah yaitu SDN 1 Purwokerto, dan SDN 2 Purwokerto. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE metode yang digunakan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian ahli validasi media pembelajaran, ahli validasi materi pembelajaran, angket respon guru dan angket respon siswa. Perolehan hasil nilai validasi ahli media sebanyak 90% dengan kriteria “sangat baik†dan nilai validasi materi sebanyak 84% dengan kriteria “sangat baikâ€. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN 1 Purwokerto tahun ajaran 2020/2021. Hasil dari perolehan nilai rata-rata pretest 25,8 dengan kriteria “sangat kurang†dimana nilai tertinggi 50 dan nilai terendah 10. Sedangkan perolehan nilai rata-rata posttest siswa sebanyak 82 dengan kriteria “sangat baik†dimana nilai tertinggi sebanyak 100 dan nilai terendah 60. Jadi Hal ini menunjukkan selisi peningkatan sebesar 56,2. Dengan ini membuktikan bahwa Media CELOPERDAM (Celemek Organ Peredaran Darah Manusia) materi sistem peredaran darah manusia mata pelajaran IPA dinyatakan valid, praktis dan sudah memenuhi kriteria efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci: Media Scrapbook, pembelajaran tematik, Keterampilan Komunikasi, Hasil Belajar
References
Aisyah Nurul, dkk.2018. “Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Sistem Peredaran Darah Terhadap
Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP N 12 Kota Tegalâ€. Jurnal Pendidikan MIPA Pancasakti Jurusan Pendidikan IPA (Vol: 2 No.1 Tahun 2018).
Ali Usman, dkk. 2013. “ Pengelolaan Pembelajaran Ipa Ditinjau dari Hakikat Sains pada SMP
di Kabupaten Lombok Timurâ€. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan
Ganesha Program Studi IPA (Vol: 3 Tahun 2013).
Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: GAVA MEDIA.
Hamdani. 2011.Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Kamil, Mochamad Budiarto. 2017. “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Materi Sistem
Peredaran Darah Pada Manusia Mata Pelajaran IPA Kelas V Sd Negeri Karangmloko
â€. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan (Vol: 6 No 8 Tahun 2017).
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta Selatan: REFERENSI.
Pribadi, Benny. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.
Sunaky, Hujair AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta: KAUKABA
DIPANTARA.
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta Barat: Indeks.
Subyantoro. 2013. Teori Pembelajaran Bahasa. Semarang: Jl. Kelud raya No. 2.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT REMAJA
ROSDAKARYA.
Suprijono, Agus. 2017. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta:
PUSTAKA PELAJAR.
Syafril dan Zen Zehendri. 2017. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jl. Kebayunan No. 1:
KENCANA.
Thobroni, M. 2017. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Praktik. Maguwoharjo: AR-RUZZ
MEDIA.
Umar. 2013. Media Pendidikan Peran Dan Fungsinya Dalam Pembelajaran. Jurnal
Tarbawiyah (Vol : 10 No 2 Tahun 2013).
Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 1 tentang
Sistem Pendidikan Nasional.
UPGRIS.2015. Pedoman Bimbingan Penulisan dan Ujian Skripsi serta Penelitian Artikel
Ilmiah. Semarang: UPGRIS.
Walid, Ahmad. 2017. Strategi Pembelajaran 1PA. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)