PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA DALAM MEMBENTUK KARAKTER KERJASAMA SISWA KELAS V SD NEGERI 02 KLUWAN PENAWANGAN

Authors

  • TRI AFIA ROISANINGRUM Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • FILIA PRIMA ARTHARINA Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • ROFIAN ROFIAN Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.1586

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) materi seni kriya anyaman pada siswa kelas V SD Negeri 02 Kluwan Penawangan serta untuk Mendeskripsikan bentuk karakter kerjasama siswa kelas V dalam pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) materi seni kriya anyaman SD Negeri 02 Kluwan Penawangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 di kelas V SD Negeri 02 Kluwan Penawangan Kabupaten Grobogan, dengan jumlah peserta didik 23 siswa yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan diambil sampel 5 siswa antara lain 3 siswa laki-laki dan 2 siswa perempuan. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Sumber data diperoleh dari Kepala Sekolah, Guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pelaksanaan pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) materi seni kriya anyaman siswa kelas V di SD Negeri 02 Kluwan Penawangan berlangsung dalam kegiatan belajar mengajar di kelas yang meliputi kegiatan pra pembelajaran, awal, inti, dan akhir. Pembelajaran SBdP materi seni kriya anyaman didukung dengan komponen yang meliputi tujuan, materi, metode, dan media. 2) Bentuk karakter kerjasama siswa kelas V di SD Negeri 02 Kluwan Penawangan yang tampak pada pelaksanaan pembelajaran SBdP berupa menghargai hasil karya orang lain, menampilkan hasil karya sesuai giliran, berbagi tugas sesuai tanggung jawab, berpartisipasi dalam menyelesaikan tugas, berupaya mencapai keberhasilan bersama, dan berupaya menghindari konflik.

Kata Kunci: Pembelajaran, Seni Budaya, Seni kriya Anyaman

 

Author Biographies

TRI AFIA ROISANINGRUM, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

FILIA PRIMA ARTHARINA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

ROFIAN ROFIAN, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Herawati, Ida dan Iriaji. 1999. Pendidikan Seni Rupa. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Huda, Miftahul. 2015. Cooperastive Learning Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Isjoni. 2007. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Suyanto. 2010. Model Pembinaan Pendidikan Karakter di Lingkungan Sekolah. Bandung: Rosda.

Soeparwoto, 2007. Psikologi Perkembangan. Semarang: UNNES Press.

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Kesuma, Dharma, 2013. Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Rosda

Alfiana, Djariyo, dan Artharina, FP. 2017 Analisis Kegiatan Ektrakurikuler Membatik terhadap Kemampuan Membatik Seni Rupa Siswa Sekolah Dasar di Desa Matingan, Kecamatan Jaken, Kabupaten Pati. Jurnal Refleksi Edukatika 8 (1)

Widyaningrum, A. Rofian 2015 Barang Bekas sebagai Media Penciptaan Karya Seni dalam Pembelajaran Seni Rupa Kelas V SD Gribig Kudus Jurnal Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar) 2 (1-5)

Published

2022-03-26

Issue

Section

Articles