PENGARUH MODEL TWO STAY TWO STRAY BARBANTU MEDIA POP UP TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA PADA KELAS IV SD NEGERI 1 BULU JEPARA

Authors

  • SANIA INES SAFIRA Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • MEI FITA ASRI UNTARI Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • PRASENA ARISYANTO Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i2.1760

Abstract

Pendidikan diwajibkan dari usia dini dan diwajibkan harus tuntas dengan program pemerintah yaitu jenjang SD, SMP, sampai SMA. Kurikulum dalam pendidikan setiap waktu berubah mengikuti perkembangan zaman. sesuai dengan keadaan dan kondisi dari permasalahan yang terjadi di tiap instansi sekolah ataupun dari siswa itu sendiri. Pada dasarnya pendidikan merupakan proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan potensi dirinya sehingga mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi. Sejalan dengan perkembangan masyarakat dewasa ini, pendidikan banyak menghadapi berbagai tantangan dan hambatan. Salah satu hambatannya adalah rendahnya mutu pendidikan di negara ini, sehingga dengan adanya hambatan tersebut akan menjadikan sebuah tantangan bagi pengelola pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan di indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilanberbahasa dengan menggunakan model two stay two stray dengan media pop up pigura pada siswa kelas IV di SD Negeri 1 Bulu Jepara. Model two stay two straydipilih dikarenakan pada dasarnya model tersebut kreatif dalam membantu mengembangkan potensi bercerita siswadengan media pop up pigura yang didalamnyaterdapatcerita. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 1 BuluJepara pada kelas IV dengan jumlah 27 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan menggunakan tes ketrampilanberbahasa. Desain yang digunakan penelitian adalah 0neGroup-Pretest-Posttest dan teknik analisis data yang dilakukan menggunakan statistika deskripsi kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkanbahwametode two stay two stray lebih efektif digunakan dalam pembelajaran ketrampilan berbahasa mapel Bahasa Indonesia dibandingkan dengan pembelajaran ketrampilan berbahasa mapel Bahasa Indonesia tanpa menggunakan metode two stay two stray pada siswa SD Negeri 1 Bulu Jepara. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil penghitungan uji homogenitas yang menyatakan bahwa nilai post test kelas ekperimen lebh tinggi disbanding dengan kelas control, adapaun nilai kelas ekperimen sebesar 83,89 sedangkan nilai control sebesar 75,52 artinya bahwa metode TSTS lebih efektif digunakan pada ketrampilan berbahasa mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 1 Bulu Jepara.

Author Biographies

SANIA INES SAFIRA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

MEI FITA ASRI UNTARI, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PRASENA ARISYANTO, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran (Prinsip, Teknik, dan Prosedur), Cetakan

Kedelapan, Jakarta: Rosda Karya.

Basrowi & Suwandi. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta:Rineka Cipta

Fathurrohman, M. (2017). Belajar & Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi dan

Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca

Samino & Marsudi, S. (2012). Layanan Bimbingan Belajar. Solo: Fairus Media

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sadiman, A. S. (2014). Media Pendidikan, Pengembangan, dan Pemanfaatan. Jakarta:

Rajawali Pers.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta:

Kencana

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:

Ar-Ruzz Media

Suyadi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Diva Press.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada

Media Group.

Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Published

2022-09-15

Issue

Section

Articles