ANALISIS KESULITAN GURU SDN BAKARAN WETAN 03 DALAM PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH PADA MASA COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i2.1762Abstract
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kesulitan yang dialami oleh guru SDN Bakaran Wetan dalam pelaksanaan belajar dari rumah pada masa Covid-19. Hal tersebut disebabkan karena penerapan penggunaan metode pembelajaran daring dan luring yang baru digunakan saat pandemi terjadi dalam proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah kesulitan guru dalam pelaksanaan belajar dari rumah pada masa Covid-19 di SDN Bakaran Wetan 03?â€. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menganalisis kesulitan yang dialami guru dalam pelaksanaan belajar dari rumah pada masa covid-19 di SDN Bakaran Wetan 03 kecamatan Juwana kabupaten Pati. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan menggunakan metode wawancara, pengisian angket, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di SD Negeri Bakaran Wetan 03. Untuk objek penelitian adalah kesulitan yang dialami guru-guru di SDN Bakaran Wetan 03 dalam melakukan pembelajaran dari rumah pada masa Covid-19. Hasil analisis wawancara dan angket menunjukkan bahwa proses pembelajaran atau kinerja guru sudah berjalan maksimal. Akan tetapi kesulitan yang dihadapi oleh guru terdapat pada pengunaan teknologi yang digunakan. Karena guru hanya mengandalkan melalui whatsapp group untuk proses pembelajaran daring dan program siaran televisi yang disiapkan pemerintah untuk pembelajaran luring. Agar siswa tetap mendapat materi dan penugasan guru biasanya membuat sendiri untuk dibagikan terhadap siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah penguasaan guru terhadap teknologi yang ada sekarang supaya dapat digunakan untuk membantu proses mengajar.References
Anugraheni, I. (2017). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-Guru
Sekolah Dasar. Kelola:Jurnal Manajemen Pendidikan, 205-212.
Baalwi, M. A. (2020). Kendala Guru Dalam Proses Pembelajaran Online Selama Masa
Pandemi Ditinjau Dari Kemampuan Information Technology (IT) Guru. Lintang
Songo: Jurnal Pendidikan , 38-45.
Dewi, W. A. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di
Sekolah Dasar . Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan , 55-61.
Kemdikbud. (2020, April 9). Kemendikbud Hadirkan Program Tayangan "Belajar dari
Rumah" di TVRI. Diambil kembali dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan:
Kemdikbud. (2020, Maret 24). SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam
Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Diambil kembali dari Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbudpelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19
Menteri Hukum dan HAM. (2005, Desember 30). UNDANG-UNDANG REPUBLIK
INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 Tentang Guru dan Dosen. Diambil kembali
dari UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005:
https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2005/14tahun2005uu.htm
Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Bandung: Alfabeta.
Pane, d. M. (2020, Agustus 24). VIRUS CORONA. Diambil kembali dari ALODOKTER:
https://www.alodokter.com/virus-corona
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi:
CV. Sarnu Untung.
Riadi, M. (2019, April 7). Karakteristik, Jenis dan Prosedur Penelitian Kualitatif. Diambil
kembali dari Kajian Pustaka .Com:
https://www.kajianpustaka.com/2019/04/karakteristik-jenis-dan-prosedur-penelitiankualitatif.html
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten
Banjarnegara. Elementary School, 297-302.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan
R&D). Bandung: Alfabeta Bandung
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)