ANALISIS KESULITAN GURU SDN BAKARAN WETAN 03 DALAM PELAKSANAAN BELAJAR DARI RUMAH PADA MASA COVID-19

Authors

  • ADINDA NOVIA SCORLIASARI Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • IIN PURNAMASARI Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • KHUSNUL FAJRIYAH Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i2.1762

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kesulitan yang dialami oleh guru SDN Bakaran Wetan dalam pelaksanaan belajar dari rumah pada masa Covid-19. Hal tersebut disebabkan karena penerapan penggunaan metode pembelajaran daring dan luring yang baru digunakan saat pandemi terjadi dalam proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah kesulitan guru dalam pelaksanaan belajar dari rumah pada masa Covid-19 di SDN Bakaran Wetan 03?â€. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah menganalisis kesulitan yang dialami guru dalam pelaksanaan belajar dari rumah pada masa covid-19 di SDN Bakaran Wetan 03 kecamatan Juwana kabupaten Pati. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan menggunakan metode wawancara, pengisian angket, dan studi dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru di SD Negeri Bakaran Wetan 03. Untuk objek penelitian adalah kesulitan yang dialami guru-guru di SDN Bakaran Wetan 03 dalam melakukan pembelajaran dari rumah pada masa Covid-19. Hasil analisis wawancara dan angket menunjukkan bahwa proses pembelajaran atau kinerja guru sudah berjalan maksimal. Akan tetapi kesulitan yang dihadapi oleh guru terdapat pada pengunaan teknologi yang digunakan. Karena guru hanya mengandalkan melalui whatsapp group untuk proses pembelajaran daring dan program siaran televisi yang disiapkan pemerintah untuk pembelajaran luring. Agar siswa tetap mendapat materi dan penugasan guru biasanya membuat sendiri untuk dibagikan terhadap siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah penguasaan guru terhadap teknologi yang ada sekarang supaya dapat digunakan untuk membantu proses mengajar.

Author Biographies

ADINDA NOVIA SCORLIASARI, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

IIN PURNAMASARI, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

KHUSNUL FAJRIYAH, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Anugraheni, I. (2017). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Proses Belajar Guru-Guru

Sekolah Dasar. Kelola:Jurnal Manajemen Pendidikan, 205-212.

Baalwi, M. A. (2020). Kendala Guru Dalam Proses Pembelajaran Online Selama Masa

Pandemi Ditinjau Dari Kemampuan Information Technology (IT) Guru. Lintang

Songo: Jurnal Pendidikan , 38-45.

Dewi, W. A. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di

Sekolah Dasar . Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan , 55-61.

Kemdikbud. (2020, April 9). Kemendikbud Hadirkan Program Tayangan "Belajar dari

Rumah" di TVRI. Diambil kembali dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan:

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/04/kemendikbud-hadirkan-programtayangan-belajar-dari-rumah-di-tvri

Kemdikbud. (2020, Maret 24). SE Mendikbud: Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam

Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Diambil kembali dari Kementerian Pendidikan

dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbudpelaksanaan-kebijakan-pendidikan-dalam-masa-darurat-penyebaran-covid19

Menteri Hukum dan HAM. (2005, Desember 30). UNDANG-UNDANG REPUBLIK

INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005 Tentang Guru dan Dosen. Diambil kembali

dari UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005:

https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2005/14tahun2005uu.htm

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Bandung: Alfabeta.

Pane, d. M. (2020, Agustus 24). VIRUS CORONA. Diambil kembali dari ALODOKTER:

https://www.alodokter.com/virus-corona

Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi:

CV. Sarnu Untung.

Riadi, M. (2019, April 7). Karakteristik, Jenis dan Prosedur Penelitian Kualitatif. Diambil

kembali dari Kajian Pustaka .Com:

https://www.kajianpustaka.com/2019/04/karakteristik-jenis-dan-prosedur-penelitiankualitatif.html

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten

Banjarnegara. Elementary School, 297-302.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D). Bandung: Alfabeta Bandung

Published

2022-09-15

Issue

Section

Articles