PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN MATERI PELUANG USAHA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI TATA BUSANA 2 SMK NEGERI 1 PURWODADI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/202

Authors

  • NUNUK BUDI KARTININGSIH SMK Negeri 1 Purwodadi, Kabupaten Grobogan

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i2.1764

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan metode pembelajaran Inquiry Based Learning untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan materi peluang usaha. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Purwodadi pada kelas XI Tata Busana 2, semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Jumlah peserta didik 34 orang terdiri dari 34 perempuan semua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil belajar sebelum siklus dan hasil belajar siklus I dan hasil belajar siklus II. Dan analisis deskriptif kualitatif dari hasil angket, pengamatan diskusi, wawancara, pengamatan teman sejawat, dan hasil perbandingan kreativitas diskusi, presentasi pada siklus I dan siklus II. Implikasi dari penelitian ini adalah melalui pembelajaran Inquiry Based Learning pada materi peluang usaha untuk meningkatkan hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan yang pada awal pembelajaran nilai rataratanya 71,38, siklus I nilai rata-ratanya 77,50 dan siklus II 83,97. Kreativitas diskusi yang nilainya di atas 75 pada siklus I : 15 peserta didik, siklus II : 27 peserta didik. Kreativitas presentasi nilainya diatas 75 siklus I : 21 peserta didik, siklus II : 29 peserta didik. Terjadi kenaikan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik XI Tata Busana 2, bila kreativitas mereka meningkat. Dan kreativitas peserta didik bisa meningkat dan tumbuh dan berkembang, jika peserta didik memiliki pengetahuan yang banyak dengan mencari beberapa litiratur sebagai sumber belajar. Ketika mereka belajar mandiri menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru dengan mencari sumber belajar dari berbagai literasi, maka peserta didik akan mendapatkan pengetahuan baru yang lebih banyak dan bisa menyelesaikan persoalan yang diberikan, peserta didik semakin banyak memiliki ide-ide kreatif dalam menyelesaikan permasalahan, dengan penggunaan metode pembalajaran Inquiry Based Learning.

References

Abdurrahman, M. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan remidiasinya.

Jakarta: Rineka Cipta

Alma, B. 2013.Kewirausahaan :Untuk Mahasiswa dan Umum ( Edisi Revisi ). Bandung :

Penerbit Alfabeta.

Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2015. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif, Progresif,

dan Kontekstual : Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum 2013

(Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta : Prenadamedia Group.

Amsal et al, 2014. Categorizing and Fixing Variabel on Entrepreneurial Intention through

Qualitative Reseach. Jurnal Asian Social Science, 10 (19) : 45- 58. Diperoleh 23

Agustus 2019 dari :

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uac

t=8&ved=2ahUKEwj3g92Fta7tAhU17XMBHabaBEcQFjAAegQIARAC&url=https%3

A%2F%2Fwww.researchgate.net%2Fpublication%2F266376124_Categorizing_and_Fi

xing_Variables_on_Entrepreneurial_Intention_through_Qualitative_Research&usg=A

OvVaw18FTozmnsitPsKtxrm7iOP

Binus. 2018. Kreatif Dan Inovatif Dalam Berwirausaha. Diperoleh pada tanggal 6 Maret

, dari : http://bbs.binus.ac.id/business-creation/2018/04/kreatif-dan-inovatif-dalamberwirausaha/

Conny R.Semiawan. (2009). Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menegah.

Jakarta: Gramedia

Hendro, 2010. Kewirausahaan SMK Kelas X. Jakarta :Penerbit Erlangga.

Hosnan, Dr.M.,Dipl.Ed,M.Pd. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstekstual dalam

Pembelajaran Abad 21 : Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor : Penerbit

Ghalia Indonesia.

Kusmulyanto, Muhammad Setiawan. 2016. Peran Pengetahuan Pendahulu Dan Kepekaan

Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Peluang Usaha Mikro Pedesaan. Jurnal

Manajemen Maranatha, Vol.16, No.1. Diperoleh Tanggal 10 Agustus

Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/115587-ID-Peran-PengetahuanPendahulu-Dan-Kepekaan.Pdf.

Mariyaningsih dan Hidayati. 2018. Bukan Kelas Biasa. Surakarta : Penerbit CV. Kekata

Group.

Mc Carthy & Perrefault. 2003. Dasar-Dasar Pemasaran. Alih Bahasa Agus Dharma. Jakarta:

Erlangga.

Mopangga, 2014. Faktor Determinan Minat Wirausaha Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Trikonomika, 13(1) : 78-90. Diperoleh 16

Agustus 2019 dari :

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uac

t=8&ved=2ahUKEwi2ta3hta7tAhU-H7cAHY7SCcQFjAAegQIARAC&url=https%3A%2F%2Fjournal.unpas.ac.id%2Findex.php%2Ftrik

onomika%2Farticle%2Fview%2F486&usg=AOvVaw1y1jWeyCehOQ4MtXZRitJi

Mulyana. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Munandar, Prof. Dr. Utami. 2014. Pengembangan Krativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka

Cipta.

, 2017. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi Kesebelas. Alih Bahasa

Benyamin Molan. Jakarta. : Indeks

Lahadisi. 2014. Inkuiri: Sebuah Strategi Menuju Pembelajaran Bermakna. Jurnal Al-Ta’dib

Vol. 7 No. 2 Juli-Desember 2014. Diperoleh tanggal 28 Februari 2019, dari :

https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uac

t=8&ved=2ahUKEwii7ujS4K7tAhXdxDgGHXMRB_MQFjAAegQIAhAC&url=http%

A%2F%2Fejournal.iainkendari.ac.id%2Fal-tadib%2Farticle%2Fview%2F319%2F309&usg=AOvVaw3KCnsDgtNRtJbOakpwswh

O

Riyono. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap

Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota Pati. Jurnal Stie Semarang, Vol 8, NO

, Edisi Juni 2016 (ISSN : 2252-826). Diperoleh pada tanggal 6 Maret 2019, dari :

https://media.neliti.com/media/publications/133954-ID-pengaruh-kualitas-produkharga-promosi-d.pdf

Sabri, M. Alisuf . 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Saladin, Djaslim. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta :RinekaCipta.

Soesilo, T.D. 2017. Pengembangan Kreativitas Melalui Pembelajran. Yogyakarta : Ombak

Dua.

Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja

Rosdakarya.

Sulfemi. 2018. Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, Dan Intelegensi

Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.

EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16(2), 2018, 166-

Diperoleh tanggal 12 Agustus 2019, dari : Website:

https://media.neliti.com/media/publications/294585-pengaruh-disiplin-ibadah-sholatlingkung-6e0aa47b.pdf

Sunarto. 2011. Berpikir Kreatif Dan Inovatif Modal Utama Menjadi Wirausaha. Disampaikan

pada Seminar Entrepreneurship tanggal 27 Juli 2011 di Balai Desa SindumartaniNgemplak Sleman. Diperoleh pada tanggal 11 Maret 2019, dari :

http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/lain-lain/sunarta-se-mmmpd/BERPIKIR%20KREATIF%20DAN%20INOVATIF.pdf

Suryana & Bayu. 2013. Kewirausahaan : Pendekatan Karakteristik Wirausaha Sukses.

Jakarta :KencanaPrenada Media Grup.

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Jakarta:

Prestasi Pustaka.

Widowati, Asri. 2010. Brainstorming Sebagai Alternatif Pengembangan Berpikir Kreatif

Dalam Pembelajaran Sains Biologi. Jurnal Biologi Edukasi, diperoleh pada tanggal 28

Februari 2019, dari : http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JBE/article/view/443/603

Yohana, Dr. Corry. 2016. Pelatihan motivasi Kewirausahaan dan menganalisis Peluang

usaha, Membuat rencana bisnis bagi tenaga kerja wanita (Tkw) Purna di desa Cibalong

Kecamatan gunung guruh, Sukabumi-Jawabarat. Jurnal Sarwahita Volume13 NO.2.

diperoleh 11 Agustus 2019 dari :

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/sarwahita/article/view/1076

Published

2022-09-15

Issue

Section

Articles