PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PRODUK KREATIF DAN KEWIRAUSAHAAN MATERI PELUANG USAHA UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI TATA BUSANA 2 SMK NEGERI 1 PURWODADI SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2019/202
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i2.1764Abstract
Penelitian ini untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan metode pembelajaran Inquiry Based Learning untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan materi peluang usaha. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Purwodadi pada kelas XI Tata Busana 2, semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Jumlah peserta didik 34 orang terdiri dari 34 perempuan semua. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 2 siklus. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif komparatif, yaitu membandingkan hasil belajar sebelum siklus dan hasil belajar siklus I dan hasil belajar siklus II. Dan analisis deskriptif kualitatif dari hasil angket, pengamatan diskusi, wawancara, pengamatan teman sejawat, dan hasil perbandingan kreativitas diskusi, presentasi pada siklus I dan siklus II. Implikasi dari penelitian ini adalah melalui pembelajaran Inquiry Based Learning pada materi peluang usaha untuk meningkatkan hasil belajar produk kreatif dan kewirausahaan yang pada awal pembelajaran nilai rataratanya 71,38, siklus I nilai rata-ratanya 77,50 dan siklus II 83,97. Kreativitas diskusi yang nilainya di atas 75 pada siklus I : 15 peserta didik, siklus II : 27 peserta didik. Kreativitas presentasi nilainya diatas 75 siklus I : 21 peserta didik, siklus II : 29 peserta didik. Terjadi kenaikan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik XI Tata Busana 2, bila kreativitas mereka meningkat. Dan kreativitas peserta didik bisa meningkat dan tumbuh dan berkembang, jika peserta didik memiliki pengetahuan yang banyak dengan mencari beberapa litiratur sebagai sumber belajar. Ketika mereka belajar mandiri menyelesaikan permasalahan yang diberikan guru dengan mencari sumber belajar dari berbagai literasi, maka peserta didik akan mendapatkan pengetahuan baru yang lebih banyak dan bisa menyelesaikan persoalan yang diberikan, peserta didik semakin banyak memiliki ide-ide kreatif dalam menyelesaikan permasalahan, dengan penggunaan metode pembalajaran Inquiry Based Learning.References
Abdurrahman, M. 2012. Anak Berkesulitan Belajar: Teori, Diagnosis dan remidiasinya.
Jakarta: Rineka Cipta
Alma, B. 2013.Kewirausahaan :Untuk Mahasiswa dan Umum ( Edisi Revisi ). Bandung :
Penerbit Alfabeta.
Al-Tabany, Trianto Ibnu Badar. 2015. Mendesaian Model Pembelajaran Inovatif, Progresif,
dan Kontekstual : Konsep, Landasan, dan Implementasi Pada Kurikulum 2013
(Kurikulum Tematik Integratif/KTI). Jakarta : Prenadamedia Group.
Amsal et al, 2014. Categorizing and Fixing Variabel on Entrepreneurial Intention through
Qualitative Reseach. Jurnal Asian Social Science, 10 (19) : 45- 58. Diperoleh 23
Agustus 2019 dari :
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uac
t=8&ved=2ahUKEwj3g92Fta7tAhU17XMBHabaBEcQFjAAegQIARAC&url=https%3
A%2F%2Fwww.researchgate.net%2Fpublication%2F266376124_Categorizing_and_Fi
xing_Variables_on_Entrepreneurial_Intention_through_Qualitative_Research&usg=A
OvVaw18FTozmnsitPsKtxrm7iOP
Binus. 2018. Kreatif Dan Inovatif Dalam Berwirausaha. Diperoleh pada tanggal 6 Maret
, dari : http://bbs.binus.ac.id/business-creation/2018/04/kreatif-dan-inovatif-dalamberwirausaha/
Conny R.Semiawan. (2009). Memupuk Bakat dan Kreativitas Siswa Sekolah Menegah.
Jakarta: Gramedia
Hendro, 2010. Kewirausahaan SMK Kelas X. Jakarta :Penerbit Erlangga.
Hosnan, Dr.M.,Dipl.Ed,M.Pd. 2014. Pendekatan Saintifik dan Konstekstual dalam
Pembelajaran Abad 21 : Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor : Penerbit
Ghalia Indonesia.
Kusmulyanto, Muhammad Setiawan. 2016. Peran Pengetahuan Pendahulu Dan Kepekaan
Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Peluang Usaha Mikro Pedesaan. Jurnal
Manajemen Maranatha, Vol.16, No.1. Diperoleh Tanggal 10 Agustus
Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/115587-ID-Peran-PengetahuanPendahulu-Dan-Kepekaan.Pdf.
Mariyaningsih dan Hidayati. 2018. Bukan Kelas Biasa. Surakarta : Penerbit CV. Kekata
Group.
Mc Carthy & Perrefault. 2003. Dasar-Dasar Pemasaran. Alih Bahasa Agus Dharma. Jakarta:
Erlangga.
Mopangga, 2014. Faktor Determinan Minat Wirausaha Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Universitas Negeri Gorontalo. Jurnal Trikonomika, 13(1) : 78-90. Diperoleh 16
Agustus 2019 dari :
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uac
t=8&ved=2ahUKEwi2ta3hta7tAhU-H7cAHY7SCcQFjAAegQIARAC&url=https%3A%2F%2Fjournal.unpas.ac.id%2Findex.php%2Ftrik
onomika%2Farticle%2Fview%2F486&usg=AOvVaw1y1jWeyCehOQ4MtXZRitJi
Mulyana. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Munandar, Prof. Dr. Utami. 2014. Pengembangan Krativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka
Cipta.
, 2017. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.
Kotler, Philip. 2005. Manajemen Pemasaran. Jilid II. Edisi Kesebelas. Alih Bahasa
Benyamin Molan. Jakarta. : Indeks
Lahadisi. 2014. Inkuiri: Sebuah Strategi Menuju Pembelajaran Bermakna. Jurnal Al-Ta’dib
Vol. 7 No. 2 Juli-Desember 2014. Diperoleh tanggal 28 Februari 2019, dari :
https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uac
t=8&ved=2ahUKEwii7ujS4K7tAhXdxDgGHXMRB_MQFjAAegQIAhAC&url=http%
A%2F%2Fejournal.iainkendari.ac.id%2Fal-tadib%2Farticle%2Fview%2F319%2F309&usg=AOvVaw3KCnsDgtNRtJbOakpwswh
O
Riyono. 2016. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap
Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota Pati. Jurnal Stie Semarang, Vol 8, NO
, Edisi Juni 2016 (ISSN : 2252-826). Diperoleh pada tanggal 6 Maret 2019, dari :
https://media.neliti.com/media/publications/133954-ID-pengaruh-kualitas-produkharga-promosi-d.pdf
Sabri, M. Alisuf . 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Saladin, Djaslim. 2002. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Salemba Empat
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta :RinekaCipta.
Soesilo, T.D. 2017. Pengembangan Kreativitas Melalui Pembelajran. Yogyakarta : Ombak
Dua.
Sudjana, N. 2014. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja
Rosdakarya.
Sulfemi. 2018. Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, Dan Intelegensi
Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.
EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama dan Keagamaan, 16(2), 2018, 166-
Diperoleh tanggal 12 Agustus 2019, dari : Website:
Sunarto. 2011. Berpikir Kreatif Dan Inovatif Modal Utama Menjadi Wirausaha. Disampaikan
pada Seminar Entrepreneurship tanggal 27 Juli 2011 di Balai Desa SindumartaniNgemplak Sleman. Diperoleh pada tanggal 11 Maret 2019, dari :
Suryana & Bayu. 2013. Kewirausahaan : Pendekatan Karakteristik Wirausaha Sukses.
Jakarta :KencanaPrenada Media Grup.
Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstrutivistik. Jakarta:
Prestasi Pustaka.
Widowati, Asri. 2010. Brainstorming Sebagai Alternatif Pengembangan Berpikir Kreatif
Dalam Pembelajaran Sains Biologi. Jurnal Biologi Edukasi, diperoleh pada tanggal 28
Februari 2019, dari : http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/JBE/article/view/443/603
Yohana, Dr. Corry. 2016. Pelatihan motivasi Kewirausahaan dan menganalisis Peluang
usaha, Membuat rencana bisnis bagi tenaga kerja wanita (Tkw) Purna di desa Cibalong
Kecamatan gunung guruh, Sukabumi-Jawabarat. Jurnal Sarwahita Volume13 NO.2.
diperoleh 11 Agustus 2019 dari :
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/sarwahita/article/view/1076
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)