PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN PENUGASAN AWAL UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMADAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X OTKP 2 SEMESTER GENAP SMK NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Authors

  • SAMIYATI SAMIYATI SMK NEGERI 1 BOYOLALI

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i2.1765

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa kelas X OTKP (Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran) 2 semester genap SMK Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2021/2022 melalui penggunaan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan kerja sama antar siswa. Dari tiga siklus dalam penelitian tindakan ini dan dibandingkan juga dengan kondisi sebelum tindakan, dapat ditemukan bahwa aspek kerjasama siswa mengalami peningkatan secara kontinu. Hal yang menarik adalah banyak siswa termasuk kategori rendah dalam bekerjasama, terus berkurang dan akhirnya habis pada siklus III. Demikian pula siswa yang berkategori tinggi dalam kerjasama, yang pada siklus I hanya 2 orang menjadi 31 orang pada pada siklus III. Peningkatan kerjasama siswa juga diiringi dengan peningkatan prestasi belajar. Dilihat dari nilai ulangan siswa, dari siklus ke siklus mengalami peningkatan secara bertahap. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan presentase ketuntasan tes tertulis yang dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya.Untuk nilai rata-rata pada siklus I sebesar 55 meningkat menjadi 77 pada siklus II. Ini berarti dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 12. Demikian pula dari siklus II ke siklus III terjadi peningkatan walaupun tidak terlalu signifikan, yaitu sebesar 9, dari 77 mrnjadi 86 sehingga berada pada kriteria sangat baik

References

Depdikbud. 1982. Buku II: Modul Pengelolaan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan

Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Institusi

Pendidikan Tinggi.

Depdikbud. 1994. Kurikulum Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP): Petunjuk

Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah

Umum, Dirjen. Dikdasmen., Depdikbud.

Djamarah, S.B. & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Kemdikbud. 2019. Paket Unit Pembelajaran: Program Pengembangan

KeprofesianBerkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran

(PKP)

Berbasis Zonasi. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP. Jakarta:

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Penddikan dan

Kebudayaan.

Krishindeniyanti, NM. 2017. ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 2

Padangbulia’ Jurnal Pendidikan Kerta Mandala. Volume 9 Nomor 1, Oktober

Singaraja: Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng.

Purwandani, S. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Dengan

Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV A

Semester II SD Negeri 2 Alasangker Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Tidak

Diterbitkan.

Semiawan, C.R. 2009. Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta: Indeks.

Sumada. 2013. ‘Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw dengan Spider Concept Map

untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu SiswaKelas

V Sekolah Dasar Negeri 8 Ban Tahun Ajaran 2013/2014’ Jurnal PendidikanKertaMandala. Volume 9 Nomor 1, Oktober 2017. Singaraja: Dinas Pendidikan Kabupaten

Buleleng

Published

2022-09-15

Issue

Section

Articles