PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DENGAN PENUGASAN AWAL UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMADAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS X OTKP 2 SEMESTER GENAP SMK NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i2.1765Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan prestasi belajar siswa kelas X OTKP (Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran) 2 semester genap SMK Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2021/2022 melalui penggunaan model pembelajaran Kooperatif Jigsaw. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan observasi partisipan dan tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif jigsaw dapat meningkatkan kerja sama antar siswa. Dari tiga siklus dalam penelitian tindakan ini dan dibandingkan juga dengan kondisi sebelum tindakan, dapat ditemukan bahwa aspek kerjasama siswa mengalami peningkatan secara kontinu. Hal yang menarik adalah banyak siswa termasuk kategori rendah dalam bekerjasama, terus berkurang dan akhirnya habis pada siklus III. Demikian pula siswa yang berkategori tinggi dalam kerjasama, yang pada siklus I hanya 2 orang menjadi 31 orang pada pada siklus III. Peningkatan kerjasama siswa juga diiringi dengan peningkatan prestasi belajar. Dilihat dari nilai ulangan siswa, dari siklus ke siklus mengalami peningkatan secara bertahap. Hal ini didukung dengan data penelitian yang menunjukkan adanya peningkatan presentase ketuntasan tes tertulis yang dilakukan pada pertemuan kedua di setiap siklusnya.Untuk nilai rata-rata pada siklus I sebesar 55 meningkat menjadi 77 pada siklus II. Ini berarti dari siklus I ke siklus II terjadi peningkatan sebesar 12. Demikian pula dari siklus II ke siklus III terjadi peningkatan walaupun tidak terlalu signifikan, yaitu sebesar 9, dari 77 mrnjadi 86 sehingga berada pada kriteria sangat baikReferences
Depdikbud. 1982. Buku II: Modul Pengelolaan Kelas. Jakarta: Departemen Pendidikan dan
Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Proyek Pengembangan Institusi
Pendidikan Tinggi.
Depdikbud. 1994. Kurikulum Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP): Petunjuk
Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah
Umum, Dirjen. Dikdasmen., Depdikbud.
Djamarah, S.B. & Zain, A. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Asdi Mahasatya.
Kemdikbud. 2019. Paket Unit Pembelajaran: Program Pengembangan
KeprofesianBerkelanjutan (PKB) melalui Peningkatan Kompetensi Pembelajaran
(PKP)
Berbasis Zonasi. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial SMP. Jakarta:
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Penddikan dan
Kebudayaan.
Krishindeniyanti, NM. 2017. ‘Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk
Meningkatkan Hasil Belajar Agama Hindu Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 2
Padangbulia’ Jurnal Pendidikan Kerta Mandala. Volume 9 Nomor 1, Oktober
Singaraja: Dinas Pendidikan Kabupaten Buleleng.
Purwandani, S. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu Dengan
Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas IV A
Semester II SD Negeri 2 Alasangker Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Tidak
Diterbitkan.
Semiawan, C.R. 2009. Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta: Indeks.
Sumada. 2013. ‘Penerapan Model Pembelajaran Tipe Jigsaw dengan Spider Concept Map
untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Hindu SiswaKelas
V Sekolah Dasar Negeri 8 Ban Tahun Ajaran 2013/2014’ Jurnal PendidikanKertaMandala. Volume 9 Nomor 1, Oktober 2017. Singaraja: Dinas Pendidikan Kabupaten
Buleleng
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)