PENGGUNAAN KATA TUGAS PADA TEKS EKSPLANASI PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 PEGANDON KENDAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i2.1766Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi ketika melaksanakan magang 3 di SMAN 1 Pegandon Kendal kelas XI peserta didik sering sekali melakukan kesalahan dalam penggunaan kata tugas. Jika masalah tersebut dibiarkan akan menjadi masalah yang serius dan berkelanjutan. Menyikapi masalah tersebut perlu adanya penanganan mengenai penggunaan kata tugas dalam keterampilan menulis peserta didik SMA Negeri 1 Pegandon Kendal. Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penggunaan kata tugas pada teks eksplanasi peserta didik XI SMA Negeri 1 Pegandon Kendal tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif, karena data yang dikumpulkan dan ditafsirkan tidak menggunakan rumus-rumus statistik, melainkan berupa deskripsi data. Setelah itu, data yang diperoleh diklasifikasi, dianalisis dan dicatat dalam sebuah tabel untuk dijumlahkan dan dipersentasekan. Dalam peneltian ini menggunakan metode Purposive Sampling yang memfokuskan pada tujuan tertentu dalam pengambilan data diikuti berbagai macam pertimbangan. Berdasarkan analisis data, ditemukan kata tugas pada teks eksplanasi peserta didik yang berupa penggunaan preposisi, konjungsi, artikula, partikel, serta tidak ditemukan penggunaan interjeksi. Berdasarkan temuan tersebut mencangkup 1.154 kata tugas (100%). Kata tugas tersebut terbagi dalam penggunaan yang sudah tepat sebanyak 1.089 (94,37%) dan kesalahan kata tugas yang ditemukan sebanyak 65 (5,63%). Penggunaan kata tugas yang sudah tepat terbagi menjadi empat kelompok yaitu penggunaan preposisi sebanyak 423 (36,65%), konjungsi sebanyak 666 (57,72%), artikula sebanyak 2 (0,17%), dan partikel sebanyak 2 (0,17%), sedangkan kesalahan penggunaan kata tugas terbagi atas kesalahan preposisi sebanyak 33 (2,85%) dan kesalahan konjungsi sebanyak 32 (2,77%) . masing-masing berasal dari jenis kata tugas dan penggunaannya. Dengan demikian dapat disimpulkan penggunaan kata tugas pada teks eksplanasi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Pegandon Kendal tahun pelajaran 2019/2020 tergolong baik karena persentase ketepatan mencapai 94,37%.References
Alwi, H. 2017. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta:Balai Pustaka.
Fatkhuzzakia, Awali. 2015."Analisis Kesalahan Kata Tugas pada Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII B SMP Bustanul Ulum NU Bumiayu Brebes Tahun Ajaran 2015/2016". Skripsi. Semarang: Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Semarang.
Nugraha, O. A., Ngalim, A., & Nasucha, Y. 2015. Penggunaan Konjungsi dalam Bahasa Tulis dan Lisan oleh Siswa Kelas Lima Sekolah Dasar Baki Pandeyan 01 Sukoharjo. Jurnal Penelitian Humaniora , 16, 43-50. Diunduh dari laman http://journals.ums.ac.id/index.php/humaniora/article/view/1843 pada tanggal 17 Juli
pukul 11.57 WIB
Pardiyono. 2007. Pasti Bisa! Teaching Genre-Based Writing. Yogyakarta: Andi Offset.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta : Santana Dharma University Press.__________.1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta : Santana Dharma
University Press.
Sugiyono. 2015. Mnetode Penelitian Pendidikan . Bandung: Alfabeta.
Suherlin, dkk. 2017. Bahasa Indonesia Kelas SMA/MA SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Tarigan, P. D. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Yansya, Luqman Andri. 2016. â€Analisis Kesalahan Penggunaan Kata Tugas dalam Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Islam Asy-Syafi’iyah Batealit Jepara Tahun Ajaran 2016/2017â€. Skripsi. Semarang: Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Semarang.
Zulaiha, Anafatul. 2015. “Analisis Kesalahan Kata Tugas pada Teks Eksplanasi Kelas XI IPS-4 SMA Negeri 1 Jepara Tahun Ajaran 2015/2016â€. Skripsi. Semarang: Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas PGRI Semarang
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)