MAJAS DALAM KUMPULAN PUISI PAHLAWAN DAN TIKUS KARYA A. MUSTOFA BISRI SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN AJAR DI SMA
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i2.1767Abstract
Penggunaan bahasa yang indah dalam puisi menarik untuk diajarkan kepada peserta didik karena mengandung majas sehingga dapat dipertimbangkan sebagai alternatif bahan ajar di SMA. Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah bagaimana kumpulan puisi Pahlawan dan Tikus karya A. Mustofa Bisri dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di SMA. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan gaya bahasa dalam kumpulan puisi tersebut dijadikan sebagai alternatif bahan ajar di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik yang dipakai adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah teknik kepustakaan dan teknik dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis, hasil penelitian penggunaan gaya bahasa pada 9 puisi dalam kumpulan puisi tersebut, terdapat sebanyak sepuluh gaya bahasa meliputi gaya bahasa berdasarkan struktur kalimat yaitu gaya bahasa repetisi dan gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna yaitu gaya bahasa retoris dan gaya bahasa kiasan. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam materi gaya bahasa yang terdapat pada K.D 3.17 kurikulum 2013.References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bisri, A. Mustofa. 2019. Kumpulan Puisi Pahlawan dan Tikus. Yogyakarta: DIVA Press.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat
Bahasa.
Keraf, Gorys. 2016. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Laila, Aruna. 2016. “Gaya Bahasa Perbandingan dalam Kumpulan Puisi Melihat Api Bekerja Karya M Aan Mansyur (Tinjauan Stilistika)â€. Jurnal Gramatika (Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia). diakses pada tanggal 15 September 2020 pukul 23.30 WIB
Lestari, Ika. 2013. Pengmbangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Majid, Abdul. 2007. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhamidah, Siti. 2019. “Gaya Bahasa Pada Kumpulan Puisi Perahu Kertas Karya Sapardi
Djoko Damono dan Rancangan Pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA)â€. skripsi. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2020 pukul 20.35 WIB.
Pertiwi, Nimas Ristiana Anjar. 2019. “Gaya dalam Kumpulan Puisi Bingkai Melankolia Karya Hananto Kurniadhi: Kajian Stilistika dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMAâ€. skripsi. Diakses pada tanggal 22 Agustus 2020 pukul 19.38 WIB.
Pradopo, Rahmat Djoko. 2009. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Stilistika, Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sugiyono. 2018. Model Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2013. Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Angkasa.
Windusari, Tri. 2014. “Gaya Bahasa Kumpulan Puisi Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di Sekolah Menengah Pertamaâ€. skripsi. Diakses pada tanggal 22 Agustus pukul 20.35 WIB.
Wulandari, Ratih Amalia dkk.. 2015. “Majas dalam Kumpulan Puisi dan Pembelajarannya di SMAâ€. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya). Diakses pada tanggal 15 September 23.30 WIB.
Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)