KEEFEKTIFAN MOTODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK AL-MUSYAFFA BOJONG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i2.1769Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan membaca pada peserta didik kelas X SMK AL-Musaffa Bojong Kabupaten Tegal yang masih rendah, khususnya keterampilan membaca teks biografi. Melihat kondisitersebut perlu diupayakan menggunakan metode pembelajaran untuk menambah minat siswa dalam membaca teks biografipada peserta didik kelas X SMK AL-Musaffa Bojong Kabupaten Tegal. Metode pembelajaran yang digunakan adalah SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review). Penelitian ini betujuan untuk: (1) Mengetahui Keefektifan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam Pembelajaran Membaca teks Biografi pada peserta didik Kelas X.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian diolah dan dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenetis, dan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis dengan α = 5% dan dk = 34 + 34 – 2 = 66, maka diperoleh ttabel = 1,99 dan thitung = 9,30. Karena thitung > ttabel yaitu 9,30 > 1,99 sehingga bunyi hipotesisnya adalah diterima dan data yang diperoleh adalah signifikan. Pada taraf 1% diperoleh ttabel = 2,38 menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 9,30> 2,38. Hal ini berarti hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “terdapat keefektifan pembelajaran membaca teks biografi dengan menggunakan metode SQ3R (survey, question, read, recite, and review) pada peserta didik kelak X tahun ajaran 201682019 †diterima dan H0 ditolak karena thitung > ttabel dan data yang diperoleh sangat signifikan. Saran yang diberikan antara lain, guru perlu memilih metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam pengajaran bahasa Indonesia. Siswa harus aktif dalam mengikuti pembelajaran dan sering berlatih membaca agar lebih kreatif dan lebih terampil dalam membaca. Peneliti dapat menggunakan metode pembelajaran lain untuk dikembangkan lebih lanjut dan dalam populasi yang lebih luas.References
Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.
Nurjanah,Ana. 2015. Keefektifan Model Cooperative Script Dalam Pembelajaran Membaca
Cepat pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sayung Tahun Ajaran
/2016.Semarang. Universitas PGRI Semarang.
Nur Utami, Amalia. 2016. Keefektifan Media Audio Visual Dalam pembelajaran Menulis
Teks Biografi pada sisa Kelas X SMA Negeri 2 Kendal Tahun Ajaran 2016/2017.
Semarang. Universitas PGRI Semarang.
Rustina, Ratna. 2014. Pengaruh PenggunaanPembelajaran Kontekstual Dengan Teknik
SQ4R Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Berpikir Kritis
Matematis Siswa SMP Negeri 8 Kota Tasik Malaya. Diunduh dari
http://download.portalgaruda.org/article.php?article=183113&val=6325&title=Pengaruh%20
Penggunaan%20Pembelajaran%20Kontekstual%20Dengan%20Teknik%20SQ4R%
Terhadap%20Peningkatan%20Kemampuan%20Pemahaman%20Dan%20Berpiki
r%20Kritis%20Matematis%20Siswa%20SMP%20Negeri%208%20Kota%20Tasik
malaya diakses pada tanggal 10 Juni 2019.
Shoimin, Aris. 2014. 68 Metode Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta:
Ar-Ruzz Media.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung:
Angkasa.
Wijayanti,Tirania. 2016. Keefektifan Metode Cooperative Script Dalam Pelajaran Membaca
Ekkstensif Berita Pda sisa Kelas VIII SMP Negeri 3 Karangrayung
/2017. Semarang. Universitas PGRI Semarang
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)