KEEFEKTIFAN MOTODE SQ3R (SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS BIOGRAFI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK AL-MUSYAFFA BOJONG KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2018/2019

Authors

  • RADEN RARA WULANDARI Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • Drs. SISWANTO PHM, M,Pd Drs. SISWANTO PHM, M,Pd Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • MUKHLIS, S.Pd., M.Pd MUKHLIS, S.Pd., M.Pd Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i2.1769

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi kemampuan membaca pada peserta didik kelas X SMK AL-Musaffa Bojong Kabupaten Tegal yang masih rendah, khususnya keterampilan membaca teks biografi. Melihat kondisitersebut perlu diupayakan menggunakan metode pembelajaran untuk menambah minat siswa dalam membaca teks biografipada peserta didik kelas X SMK AL-Musaffa Bojong Kabupaten Tegal. Metode pembelajaran yang digunakan adalah SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review). Penelitian ini betujuan untuk: (1) Mengetahui Keefektifan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) dalam Pembelajaran Membaca teks Biografi pada peserta didik Kelas X.. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang diperoleh menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian diolah dan dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenetis, dan uji hipotesis. Berdasarkan uji hipotesis dengan α = 5% dan dk = 34 + 34 – 2 = 66, maka diperoleh ttabel = 1,99 dan thitung = 9,30. Karena thitung > ttabel yaitu 9,30 > 1,99 sehingga bunyi hipotesisnya adalah diterima dan data yang diperoleh adalah signifikan. Pada taraf 1% diperoleh ttabel = 2,38 menunjukan bahwa thitung > ttabel yaitu 9,30> 2,38. Hal ini berarti hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “terdapat keefektifan pembelajaran membaca teks biografi dengan menggunakan metode SQ3R (survey, question, read, recite, and review) pada peserta didik kelak X tahun ajaran 201682019 †diterima dan H0 ditolak karena thitung > ttabel dan data yang diperoleh sangat signifikan. Saran yang diberikan antara lain, guru perlu memilih metode pembelajaran yang tepat untuk diterapkan dalam pengajaran bahasa Indonesia. Siswa harus aktif dalam mengikuti pembelajaran dan sering berlatih membaca agar lebih kreatif dan lebih terampil dalam membaca. Peneliti dapat menggunakan metode pembelajaran lain untuk dikembangkan lebih lanjut dan dalam populasi yang lebih luas.

Author Biographies

RADEN RARA WULANDARI, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Drs. SISWANTO PHM, M,Pd Drs. SISWANTO PHM, M,Pd, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

MUKHLIS, S.Pd., M.Pd MUKHLIS, S.Pd., M.Pd, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nurjanah,Ana. 2015. Keefektifan Model Cooperative Script Dalam Pembelajaran Membaca

Cepat pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Sayung Tahun Ajaran

/2016.Semarang. Universitas PGRI Semarang.

Nur Utami, Amalia. 2016. Keefektifan Media Audio Visual Dalam pembelajaran Menulis

Teks Biografi pada sisa Kelas X SMA Negeri 2 Kendal Tahun Ajaran 2016/2017.

Semarang. Universitas PGRI Semarang.

Rustina, Ratna. 2014. Pengaruh PenggunaanPembelajaran Kontekstual Dengan Teknik

SQ4R Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Dan Berpikir Kritis

Matematis Siswa SMP Negeri 8 Kota Tasik Malaya. Diunduh dari

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=183113&val=6325&title=Pengaruh%20

Penggunaan%20Pembelajaran%20Kontekstual%20Dengan%20Teknik%20SQ4R%

Terhadap%20Peningkatan%20Kemampuan%20Pemahaman%20Dan%20Berpiki

r%20Kritis%20Matematis%20Siswa%20SMP%20Negeri%208%20Kota%20Tasik

malaya diakses pada tanggal 10 Juni 2019.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Metode Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta:

Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Tarigan, Henry Guntur. 1979. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung:

Angkasa.

Wijayanti,Tirania. 2016. Keefektifan Metode Cooperative Script Dalam Pelajaran Membaca

Ekkstensif Berita Pda sisa Kelas VIII SMP Negeri 3 Karangrayung

/2017. Semarang. Universitas PGRI Semarang

Published

2022-09-15

Issue

Section

Articles