IMPLEMENTASI BIMBINGAN KLASIKAL DARING YANG MENYENANGKAN DAN MENGAKTIFKAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i2.1770Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kasus menarik di SMK Negeri 7 Semarang, karena di sekolah lain menimbulkan suatu hambatan meliputi jaringan internet, bimbingan klasikal yang monoton dalam pelaksanaan bimbingan klasikal daring. Sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui implementasi bimbingan klasikal daring yang menyenangkan dan mengaktifkan siswa X SMK Negeri 7 Semarang. Permasalahan yang ingin diungkap dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bimbingan Klasikal yang menarik dan mengaktifkan kelas X SMK Negeri 7 Semarang Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 7 Semarang, sebanyak 3 subyek siswa, 3 siswa teman subyek, 1 guru BK SMK Negeri 7 Semarang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan juga dokumentasi kegiatan. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menunjukkan bahwa Adanya pola hubungan yang baik antara guru dan siswa dalam pembelajaran menggunakan aplikasi microsoft teams, didukung dengan aplikasi lain seperti bendicam, kantasia. Untuk memberikan ragam bimbingan klasikal yang varian dalam mewujudkan proses bimbingan klasikal yang menyenangkan. Dengan bimbingan klasikal menyenangkan dan mengaktifkan, guru dan siswa mengikuti layanan bimbingan klasikal tanpa ada perasaaan tertekan dan terpaksa.References
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Fara, E. L. (2017). Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan dalam Layanan
Bimbingan & Konseling. Bandung: CV Rasi Terbit
Gunadi, A. A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan
dengan Model Context Input Process Product. Jurnal Ilmiah WIDYA, 2.
Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi
model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal
Pendidikan Vokasi, 3(1).
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah
Selama Darurat Bencana Covid-19 Di Indonesia Surat Edaran Sekretaris Jenderal
No.15 Tahun 2020. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik
Indonesia
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 23. 2016 tentang Standar
Penilaian pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Rohaniawati, D. (2016). Penerapan pendekatan pakem untuk meningkatkan keterampilan
berpikir mahasiswa dalam Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian guru. Jurnal
Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 155-172.
Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-learning. Ummul Quro, 20-35.
Yazdi, M. (2012). E-learning Sebagai Media Pembelajaran InteraktifBerbasis Teknologi
Informasi. In FORISTEK: Forum Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (Vol. 2,
No. 1).
Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan.
Jakarta: Prenadamedia Group
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)