IMPLEMENTASI BIMBINGAN KLASIKAL DARING YANG MENYENANGKAN DAN MENGAKTIFKAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 7 SEMARANG

Authors

  • DANU AJI ATMOKO Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • M.TH.S.R.RETNANINGDYASTUTI M.TH.S.R.RETNANINGDYASTUTI Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang
  • DESI MAULIA Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i2.1770

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kasus menarik di SMK Negeri 7 Semarang, karena di sekolah lain menimbulkan suatu hambatan meliputi jaringan internet, bimbingan klasikal yang monoton dalam pelaksanaan bimbingan klasikal daring. Sehingga peneliti tertarik untuk mengetahui implementasi bimbingan klasikal daring yang menyenangkan dan mengaktifkan siswa X SMK Negeri 7 Semarang. Permasalahan yang ingin diungkap dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi bimbingan Klasikal yang menarik dan mengaktifkan kelas X SMK Negeri 7 Semarang Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 7 Semarang, sebanyak 3 subyek siswa, 3 siswa teman subyek, 1 guru BK SMK Negeri 7 Semarang. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi dan juga dokumentasi kegiatan. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menunjukkan bahwa Adanya pola hubungan yang baik antara guru dan siswa dalam pembelajaran menggunakan aplikasi microsoft teams, didukung dengan aplikasi lain seperti bendicam, kantasia. Untuk memberikan ragam bimbingan klasikal yang varian dalam mewujudkan proses bimbingan klasikal yang menyenangkan. Dengan bimbingan klasikal menyenangkan dan mengaktifkan, guru dan siswa mengikuti layanan bimbingan klasikal tanpa ada perasaaan tertekan dan terpaksa.

Author Biographies

DANU AJI ATMOKO, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Bimibingan dan Konseling

M.TH.S.R.RETNANINGDYASTUTI M.TH.S.R.RETNANINGDYASTUTI, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Bimibingan dan Konseling

DESI MAULIA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Bimibingan dan Konseling

References

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Fara, E. L. (2017). Bimbingan Klasikal yang Aktif dan Menyenangkan dalam Layanan

Bimbingan & Konseling. Bandung: CV Rasi Terbit

Gunadi, A. A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan

dengan Model Context Input Process Product. Jurnal Ilmiah WIDYA, 2.

Hanum, N. S. (2013). Keefetifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi

model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal

Pendidikan Vokasi, 3(1).

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah

Selama Darurat Bencana Covid-19 Di Indonesia Surat Edaran Sekretaris Jenderal

No.15 Tahun 2020. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik

Indonesia

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 23. 2016 tentang Standar

Penilaian pendidikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Rohaniawati, D. (2016). Penerapan pendekatan pakem untuk meningkatkan keterampilan

berpikir mahasiswa dalam Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian guru. Jurnal

Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 155-172.

Sari, P. (2015). Memotivasi Belajar dengan Menggunakan E-learning. Ummul Quro, 20-35.

Yazdi, M. (2012). E-learning Sebagai Media Pembelajaran InteraktifBerbasis Teknologi

Informasi. In FORISTEK: Forum Teknik Elektro dan Teknologi Informasi (Vol. 2,

No. 1).

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan.

Jakarta: Prenadamedia Group

Published

2022-09-15

Issue

Section

Articles