GAYA BAHASA PADA ALBUM TULUS (MONOKROM) SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DI KELAS X SMA

Authors

  • SITI MUALIFAH Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas PGRI Semarang
  • SUYOTO SUYOTO Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas PGRI Semarang
  • ICUK PRAYOGI Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i2.1771

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keterampilan menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA yang masih rendah. Rendahnya keterampilan menulis dipengaruhi oleh beberapa hal yaitu cara yang diterapkan pendidik kurang bervariasi, peserta didik kurang minat terhadap pembelajaran menulis puisi sehingga peserta didik menjadi pasif, dan peserta didik kesulitan dalam menuangkan ide karena tidak ada media yang dapat mengembangkan kreativitas. Melihat kondisi tersebut, perlu diupayakan pemanfaatan lagu pada album Tulus Monokrom sebagai bahan ajar pembelajaran keterampilan menulis puisi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah gaya bahasa pada album Tulus Monokrom sebagai bahan ajar pembelajaran keterampilan menulis puisi di kelas X SMA? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan gaya bahasa pada album Tulus Monokrom sebagai bahan ajar pembelajaran keterampilan menulis puisi di kelas X SMA. Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Data penelitian ini adalah lirik lagu pada album Tulus Monokrom digunakan sebagai bahan ajar pembelajaran menulis puisi. Teknik pengumpulan data berupa teknik simak dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah identifikasi, pengklasifikasian, analisis, dan menyimpulkan. Teknik penyajian hasil analisis data dilakukan dengan teknik informal, yaitu penyajian data berupa deskripsi data yang menggunakan pemilihan kata-kata yang mudah dipahami. Berdasarkan hasil penelitian gaya bahasa dalam album Tulus Monokrom sebagai bahan ajar pembelajaran teks puisi kelas X SMA, pada lagu yang berjudul Monokrom terdapat 6 gaya bahasa retoris, Langit Abu-abu terdapat 5 gaya bahasa retoris dan 4 gaya bahasa kiasan, Manusia Kuat terdapat 5 gaya bahasa retoris dan 2 gaya bahasa kiasan, Pamit terdapat 5 gaya bahasa retoris, Ruang Sendiri terdapat 2 gaya bahasa retoris, Tukar Jiwa terdapat 5 gaya bahasa retoris, Tergila-gila terdapat 3 gaya bahasa retoris dan 2 gaya bahasa kiasan, Mahakarya terdapat 2 gaya bahasa retoris dan 2 gaya bahasa kiasan, Cahaya terdapat 4 gaya bahasa retoris, dan Lekas terdapat 2 gaya bahasa retoris.

Author Biographies

SITI MUALIFAH, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

SUYOTO SUYOTO, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

ICUK PRAYOGI, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Darmawati, Uti. 2009. Ragam Bahasa Indonesia. Klaten: PT Intan Pariwara

Prayogi, Icuk dan Ikmi Nur Oktavianti. 2020. “Mengenal Metafora dan Metafora Konseptual.†Diakses di https://scholar.google.com=mengenal+metafora+dan+metafora+konseptual pada 21 November 2020.

Ratna, Nyoman Kutha. 2009. Stilistika: Kajian Puitika Bahasa, Sastra, dan Budaya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sudaryanto. 2013. Metode dan Aneka Teknik Ananlisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2011. Media Pengajaran (Metode dan Pembuatan). Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sudjiman, Panutri. 1993, Bunga Rampai Stilistika. Jakarta: Pusaka Utama Grafiti

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methodes). Bandung: Alfabeta.

Triningsih, Diah Erna. 2009. Gaya Bahasa Dan Peribahasa Dalam Bahasa Indonesia. Klaten: PT Intan Pariwara.

Waluyo, Herman J. 2002. Teori dan Apresiasi Puisi. Jakarta: Erlangga.

Wismanto, Agus dan Arisul Ulumuddin. 2015. Penulisan Kreatif. Semarang: Univ. PGRI Semarang Press

Published

2022-09-15

Issue

Section

Articles