PENERAPAN MEDIA OPEN BROADCASTER SOFTWARE (OBS) SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA PESERTA DIDIK KELAS X
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i2.1773Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Penerapan Media Open Broadcaster Software (OBS) Sebagai Alternatif Pembelajaran Menulis Puisi pada Peserta Didik Kelas X†Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr. Asropah, M.Pd. dan Pembimbing II Siti Ulfiyani, S.Pd., M.Pd. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskripsi dan sampel penelitianya adalah respon guru ataupun umpan balik siswa terhadap penerapan media Open Broadcaster Software (OBS) yang sedang berlangsung saat proses pembelajaran menulis puisi pada peserta didik Kelas X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media Open Broadcaster software (OBS) tepat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X serta dapat dijadikan media pembelajaran. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah guru hendaknya memberikan variasi-variasi dalam setiap pembelajarannya. Variasi pembelajaran tersebut berupa media pembelajaran yang inovatif, kreatif dan menyenangkanReferences
Aminudin, 2009. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Haryoko, S. (2009, Maret). Efektifitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif
Optimalisasi Pembelajaran. Jurnal Edukasi@Elektro, 5(1).
Naresh, B., & Reddy, B. S. (2015, September). Current Trends is E-Learning and Future
Scenario. Mediterranian Journal of Social Science, 6(5).
Sagala, Syaiful. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV.
Sugiyono.2010.Metode Penelitian Kualitatif , Kualitatif dan RnD. Bandung : Alfabeta
Published
2022-09-15
Issue
Section
Articles
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)