TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM PIDATO NASKAH PRESIDEN JOKOWI MENGENAI COVID-19 DI MEDIA YOUTUBE SEBAGAI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN TEKS PIDATO KELAS IX SMP

Authors

  • WAHYU JATININGRUM Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i2.1774

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya wabah COVID-19 di Indonesia Presiden Jokowi sebagai pemimpin Negara memberikan pidatonya terkait COVID-19.Dalam hal ini pidato yang disampaikan Presiden Jokowi mengandung presepsi atau dugaan dari pendengar, yaitu masyarakat Indonesia.Untuk memahami isi pidato yang disampaikan oleh Presiden Jokowi perlu di kaji menggunakan tindak tutur ilokusi yang meliputi fungsi, maksud, dan tujuan.Selanjutnya dalam penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan ajar dalam pembelajarann teks pidato kelas IX SMP.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah tindak tutur ilokusi dalam pidato naskah Presiden Jokowi mengenai COVID-19 di media Youtube sebagai bahan ajar pembelajaran teks pidato kelas IX SMP?Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tindak tutur ilokusi dalam pidato naskah Presiden Jokowi mengenai COVID-19 di media Youtube sebagai bahan ajar pembelajaran teks pidato kelas IX SMP.Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Data dalam penelitian ini adalah tindak tutur ilokusi dalam pidato Presiden Jokowi mengenai COVID-19 yang digunakan sebagai bahan ajar prmbelajaran teks pidato.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Teknik penyajian hasil analisis data dilakukan dengan teknik informal, yaitu penyajian data yang dilakukan dengan merumuskan pemilihan kata-kata umum atau biasa yang mudah dipahami.Berdasarkan hasil penelitian tindak tutur ilokusi dalam pidato naskah Presiden Jokowi mengenai COVID-19 di media Youtube sebagai bahan ajar pembelajaran teks pidato kelas IX SMP terdapat bentukbentuk tindak tutur ilokusi, diantaranya (1) tindak tutur asertif;(2) tindak tutur direktif; (3) tindak tutur ekspresif; (4) tindak tutur komisif; dan (5) tindak tutur deklaratif.

Author Biography

WAHYU JATININGRUM, Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Kushartanti, Untung Yuwono, Multamia RMT Lauder. 2009. Pesona Bahasa: Langkah Awal Memahami Linguistik.Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Madihah, Nurul Ulfa. 2017. “Tindak Tutur Menolak dalam Gelar Wicara MataNajwa dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia dI SMAâ€.Di unduh dari laman http://digilib.unila.ac.id/ pada tanggal 12 Juli 2020 pukul 12.00 WIB.

Nesi Antonius dan Ventianus Sarwoyo. 2011. Analisis Wacana Logis Berwacanadan Santun Bertutur. Flores: Nusa Indah.

Ramanda, Arnola Dwika. 2017. “Tindak Tutur Ilokusi pada Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi Tanggal 14 Agustus 2015â€. Diunduh dari laman http://ejournal.unp.ac.id/index.php/ibs/article/download/9860/7330 pada tanggal 5 Mei 2020 pukul 19.00 WIB.

Rustono. 1999. Pokok-Pokok Pragmatik. Semarang: CV. IKIP Semarang Press.

Sudjati, Ida Melati. 2012. “Pengembangan Bahan Ajarâ€. Diunduh dari laman

Repository.ut.ac.id pada tanggal 7 Mei 2020 Pukul 19.00 WIB.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Surastina. 2011. Pengantar Semantik dan Pragmatik. Yogyakarta: New Elmatera.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menyimaksebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.

Tarigan dan Suhendar. 1986. Buku Materi Pokok Berbicara I. Jakarta: Karuniaka.

Zaim, Muhammad. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan Struktural.Padang: Sukabina Press.

Published

2022-09-15

Issue

Section

Articles