PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION SISWA KELAS XII PH 2 SMK NEGERI 1 PRACIMANTORO SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • Sularto SMK Negeri 1 Pracimantoro

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i4.2165

Keywords:

Cooperative Integrated Reading and Composition, kemampuan, peningkatan, membaca

Abstract

Peserta didik kelas XII SMK Negeri 1 Pracimantoro pada umumnya memiliki motivasi dan kemampuan membaca bahasa Inggris yang masih rendah, maka diperlukan model pembelajaran yang inovatif yang dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran membaca bahasa Inggris. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Inggris, dan meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris peserta didik kelas XII PH 2 SMK Negeri 1 Pracimantoro. PTK ini dilaksanakan dua siklus. Terjadi perubahan peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai hasil belajar 68,12  menjadi 83,64 sehingga ada peningkatan hasil belajar sebesar 22,78%. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik 74,69% menjadi 82,41%.

References

Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar .Jakarta: Rineka Cipta.

Brown, H. D. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. (second Edition) White Plains: Longmans

Ginting. (2005). Membangun Pemahaman Membaca dari teks yang tertulis. Medan: USU Press Medan

Harjasujana, A. S. (2003). Membaca Dalam Teori Dan Praktik. Bandung: Mutiara.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Joyce, B., Weil, M. & Calhoun, E. (2011). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.

Rosdiana, Y. (2007). Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Soehardi. (2003). Esensi Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Sarjana Wiyata Taman Siswa

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Published

2023-01-27