PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION SISWA KELAS XII PH 2 SMK NEGERI 1 PRACIMANTORO SEMESTER GASAL TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i4.2165Keywords:
Cooperative Integrated Reading and Composition, kemampuan, peningkatan, membacaAbstract
Peserta didik kelas XII SMK Negeri 1 Pracimantoro pada umumnya memiliki motivasi dan kemampuan membaca bahasa Inggris yang masih rendah, maka diperlukan model pembelajaran yang inovatif yang dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran membaca bahasa Inggris. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan kemampuan membaca teks bahasa Inggris, dan meningkatkan motivasi belajar bahasa Inggris peserta didik kelas XII PH 2 SMK Negeri 1 Pracimantoro. PTK ini dilaksanakan dua siklus. Terjadi perubahan peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan rata-rata nilai hasil belajar 68,12 menjadi 83,64 sehingga ada peningkatan hasil belajar sebesar 22,78%. Peningkatan aktivitas belajar peserta didik 74,69% menjadi 82,41%.
References
Abdurrahman, M. (2010). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar .Jakarta: Rineka Cipta.
Brown, H. D. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. (second Edition) White Plains: Longmans
Ginting. (2005). Membangun Pemahaman Membaca dari teks yang tertulis. Medan: USU Press Medan
Harjasujana, A. S. (2003). Membaca Dalam Teori Dan Praktik. Bandung: Mutiara.
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Joyce, B., Weil, M. & Calhoun, E. (2011). Models of Teaching. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara.
Rosdiana, Y. (2007). Bahasa dan Sastra Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Soehardi. (2003). Esensi Perilaku Organisasional. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Sarjana Wiyata Taman Siswa
Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.
Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H. G. (2015). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)