PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR TEMA MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN PADA SISWA KELAS III SDN MOJOSONGO VI SIRAKARTA SEMESTER 1 TAHUN AJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i4.2166Keywords:
model pembelajaran kooperatif TPS, motivasi dan hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar tema menyayangi tumbuhan dan hewan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share pada siswa kelas III SDN Mojosongo VI Surakarta Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di SDN Mojosongo VI Surakarta, penelitian ini dilakukan dari bulan Juli sampai dengan Desember 2023. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas III SDN Mojosongo VI Surakarta dengan jumlah 25 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan dan guru. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini adalah motivasi belajar siswa diperoleh dari hasil pengamatan langsung melalui Lembar Observasi dan hasil belajar siswa diperoleh dari tes awal penelitian dan tes pada akhir tiap-tiap tindakan. Teknik pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi dan tes. Indikator penelitian ini adalah indikator yang digunakan yaitu: 80% siswa memiliki motivasi tinggi dalam pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share. Adapun aspek motivasi yang diukur meliputi partisipasi aktif, mengerjakan tugas, komitmen, berpendapat dan pengelolaan waktu, dan 80% siswa mencapai nilai ? 70 (KKM). Prosedur dalam penelitian ini terdiri dari 2 siklus yang setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap melakukan tindakan, tahap mengamati (observasi), tahap refleksi Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kritis dan analisis komparatif.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think -Pair-Share) pada pembelajarann tema menyayangi tumbuhan dan hewan dapat meningkatkan motivasi belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran yang selalu meningkat dari satu siklus ke siklus berikutnya; 2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think -Pair-Share) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tema menyayangi tumbuhan dan hewan. Hal ini terbukti pada pra siklus nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 65,4 dengan prosentase keberhasilan sebesar 44%, pada siklus I meningkat menjadi 72 dengan prosentase keberhasilan sebesar 64%, dan pada siklus II tindakan telah berhasil, karena nilai rata-rata hasil belajar siswa naik menjadi 82,4 dengan prosentase keberhasilan sebesar 92%. Dengan demikian hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Think-Pair-Share dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar tema menyayangi tumbuhan dan hewan pada siswa Kelas III SDN Mojosongo VI Surakarta Semester 1 Tahun Ajaran 2022/2023, terbukti kebenarannya.
References
Arends, I. W., Sheldon, R. A., Wallau, M., & Schuchardt, U. (1997). Oxidative transformations of organic compounds mediated by redox molecular sieves. Angewandte Chemie International Edition in English, 36(11), 1144-1163.
Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Reivisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lie, A. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di. RuangRuang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Purwanto, N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sagala. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.
Samino, dkk. (2011). Layanan Bimbingan Belajar. Surakarta: Fairuz Media.
Sardiman. (2006). Inovasi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyanto. (2008). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: UNS Press.
Yunanto. (2004). Sumber Belajar Anak Cerdas. Jakarta: Grasindo
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)