PENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG SKALA DAN DENAH MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) SISWA KELAS V SDN MOJOSONGO VI SURAKARTA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i4.2167Keywords:
Minat, Hasil Belajar Matematika, Realistic Mathematic EducationAbstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika tentang skala dan denah pada Siswa Kelas V SDN Mojosongo VI Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika tentang skala dan denah dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa Kelas V SDN Mojosongo VI Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Mojosongo VI Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 dalam waktu 5 bulan mulai dari bulan Agustus sampai dengan Desember 2022. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SDN Mojosongo VI Surakarta dengan jumlah 28 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan dan guru. Data yang akan dikumpulkan pada penelitian ini berupa data minat dan hasil belajar matematika dan data tentang penerapan pendekatan realistic mathematic education (RME). Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kritis dan analisis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika tentang skala dan denah Siswa Kelas V SDN Mojosongo VI Surakarta Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023, hal ini dibuktikan dengan peningkatan minat belajar matematika siswa dari kondisi awal sebesar 30,5%, siklus I sebesar 41,6%, dan siklus II sebesar 88,8%. Sedangkan rata-rata prestasi belajar matematika kondisi awal sebesar 53,9, siklus I sebesar 68,9 dan siklus II sebesar 86,1. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika tentang skala dan denah Siswa Kelas V SDN Mojosongo VI Surakarta Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023, terbukti kebenarannya.
References
Arends, I. W., Sheldon, R. A., Wallau, M., & Schuchardt, U. (1997). Oxidative transformations of organic compounds mediated by redox molecular sieves. Angewandte Chemie International Edition in English, 36(11), 1144-1163.
Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Reivisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
(KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lie, A. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di. RuangRuang Kelas. Jakarta: Grasindo.
Purwanto, N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sagala. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.
Samino, dkk. (2011). Layanan Bimbingan Belajar. Surakarta: Fairuz Media.
Sardiman. (2006). Inovasi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyanto. (2008). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: UNS Press.
Yunanto. (2004). Sumber Belajar Anak Cerdas. Jakarta: Grasindo.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)