PENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG SKALA DAN DENAH MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) SISWA KELAS V SDN MOJOSONGO VI SURAKARTA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Authors

  • ENDAH PUSPITA SARI SDN Mojosongko VI Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v3i4.2167

Keywords:

Minat, Hasil Belajar Matematika, Realistic Mathematic Education

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika tentang skala dan denah pada  Siswa Kelas V SDN Mojosongo VI Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Adapun tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah  untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika tentang skala dan denah dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa Kelas V SDN Mojosongo VI Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Mojosongo VI Surakarta Semester 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 dalam waktu 5 bulan mulai dari bulan Agustus sampai dengan  Desember 2022. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SDN Mojosongo VI Surakarta dengan jumlah 28 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan dan guru. Data yang akan dikumpulkan pada penelitian ini berupa data minat dan hasil belajar matematika  dan data tentang penerapan pendekatan  realistic mathematic education (RME). Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi.  Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kritis dan analisis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika tentang skala dan denah Siswa Kelas V SDN Mojosongo VI Surakarta Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023, hal ini dibuktikan dengan  peningkatan minat belajar matematika siswa dari kondisi awal sebesar 30,5%, siklus I sebesar 41,6%, dan siklus II sebesar 88,8%. Sedangkan  rata-rata prestasi belajar matematika kondisi awal sebesar 53,9, siklus I sebesar 68,9 dan siklus II sebesar 86,1. Dengan demikian hipotesis yang menyatakan bahwa melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika tentang skala dan denah Siswa Kelas V SDN Mojosongo VI Surakarta Semester I Tahun Pelajaran 2022/2023, terbukti kebenarannya.

References

Arends, I. W., Sheldon, R. A., Wallau, M., & Schuchardt, U. (1997). Oxidative transformations of organic compounds mediated by redox molecular sieves. Angewandte Chemie International Edition in English, 36(11), 1144-1163.

Arikunto, S. (2010). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Reivisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2008). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

(KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Lie, A. (2008). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di. RuangRuang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Purwanto, N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sagala. (2006). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta.

Samino, dkk. (2011). Layanan Bimbingan Belajar. Surakarta: Fairuz Media.

Sardiman. (2006). Inovasi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyanto. (2008). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: UNS Press.

Yunanto. (2004). Sumber Belajar Anak Cerdas. Jakarta: Grasindo.

Published

2023-01-27