PENERAPAN METODE OUTDOOR LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENGKONSTRUKSI TEKS EKSPLANASI PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 1 GODONG GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Rivan Pramono Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.397

Abstract

The outdoor learning method is an innovative method that can be applied in learning to
construct explanatory texts. This study aims to describe the application of the method
of outdoor learning in learning to construct explanatory texts in class XI students at
Godong Grobogan High School in 2019/2020. The data used in this study were test
and non-test techniques. Data obtained from class XI IPS 1 Godong Grobogan 1 Public
High School. . An average grade of 86% or 86 with learners numbered 31, with a total
score of 2,665. The highest value obtained was 95 with a percentage of 13% and the
lowest score of 75 with a percentage of 13%.
Keywords: Outdoor Learning Method, Learning Constructing Explanatory Texts

Author Biography

Rivan Pramono, Universitas PGRI Semarang

Department of Indonesian Language and Literature

References

Arikunto, Suharsini. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

B, Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. (Jakarta: PT Rineksa Cipta)

Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri, 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta

E. Mulyasa. 2010. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Evelina , Linda . 2016. "Penerapan Model Complete Sentence dalam Pembelajaran menulis Teks Eksplanasi Kompleks pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Rembang Tahun Ajaran 2015/2016â€. Semarang: UPGRIS.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Harjanto. 2005. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Harjito, Nazla Maharani Umaya. 2009. Buku Panduan Kuliah Bahasa Indonesia Keilmuan untuk Perguruan Tinggi. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press

Hernowo. (2009). Mengikat makna update. Bandung: Angkasa

Hussamah. 2013. Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Kemendikbud. 2014. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Keraf, Gorys. 2006. Komposisi. Jakarta: Ikrar Mandiri Abadi.

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Maqsida, Nailul. 2016. "Keefektifan Model Inside-Outside Circle dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Jepara Tahun Ajaran 2015/2016". Semarang: UPGRIS.

Mir’atunnisa’. 2017. "Keefektifan Metode Numbered Head Together dalam Pebelajaran Menulis Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas XI MAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2016/2017â€. Semarang: UPGRIS.

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan dan Teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Priyanti, Endah Tri. 2014. Desain pembelajaran bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sobandi. 2014. Mandiri Bahasa Indonesia untuk SMA Kelas XI Kurikulum 2013 . Jakarta: Erlangga.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumiati, Asra, .2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Sutarini, Indah Wukir dan MG Santi Arini. 2014. Cakap Berbahasa Indonesia. Bogor: Yudhistira.

Suryabrata, Sumadi. 2008. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada

Toto, Nanang Gozali. 2015. Moto Penelitian Kuantitatif. Jakarta: CV Pustaka Setia.

Vera, Adelia. 2012. Metode Mengajar di Luar Kelas (Outdoor Study). Yogyakarta. Diva Press.

Wijaya, Renantha Adhitya. 2018. Penerapan Model Inside-Outside Circle dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi pada Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 10 Semarang Tahun Ajaran 2017/2018â€. Semarang: UPGRIS.

Wismanto, Agus. 2014. Penulisan Kreatif. Semarang: IKIP PGRI Semarang Press.

Published

2020-01-16

Issue

Section

Articles