KAJIAN SOSIOPRAGMATIK: KONTROVERSI UJARAN UUS KEPADA HABIB RIZIEQ DAN PENGARUHNYA DALAM MASYARAKAT

Authors

  • Lilis Fitriasari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.399

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontroversi ujaran Uus kepada Habib Rizieq, pengaruh ujaran Uus di masyarakat, dan bahaya ujaran kebencian. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan wawancara. Proses analisis data dengan cara mengamati hasil wawancara dari responden. Data penelitian disajikan dalam bentuk deskripsi tertulis terkait dengan ujaran kebencian Uus kepada Habib Rizieq. Hasil analisis data menunjukkan bahwa masyarakat tidak terpengaruh dengan ujaran Uus yang ditujukan kepada Habib Rizieq.

Kata kunci: kontroversi ujaran uus, pengaruh masyarakat, ujaran kebencian

Author Biography

Lilis Fitriasari, Universitas PGRI Semarang

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Ahnaf, M. I. dan Suhadi. 2018. “Isu-Isu Kunci Ujaran Kebencian (Hate speech): Implikasinya terhadap Gerakan Membangun Toleransiâ€. dalam Harmoni: Jurnal Multikultur Multireligius. Jakarta: Kementrian Agama RI, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kehidupan Keagamaan. diakses pada tanggal 12 Maret 2018

Anonim. 2017. “Kronologi Kasus Uus Menghina Ulama yang Menui Kontroversi†[online]. https://id.bookmyshow.com diakses pada tanggal 3 Maret 2018.

Anonim. 2013. “Kominfo: Pengguna Internet di Indonesia 63 Juta Orangâ€.[online] https://kominfo.go.id diakses pada tanggal 02 April 2018 Anonim. Uus. [online]. https://id.m.wikipedia.org diakses pada tanggal 12 Maret 2018.

Pramesti, Tri Jata Ayu. 2013. “Perbuatan-perbuatan yang Termasuk Pencemaran

Nama Baik†[online]. https://m.hukumonline.com diakses pada taggal 1 Juni 2018.

Rustono. 1999. Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: IKIP Semarang Perss.

Sudaryanto. 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.

Widodo, Lukman Aris. 2017. “Ujaran Kebencian terhadap Pejabat Publik dalam Media Sosialâ€. Tesis. Surakarta: UMS. diakses pada tanggal 12 Maret 2018.

Wijaya, I Dewa Putu dan Muhammad Rohmadi. 2010. Sosiolinguistik Kajian Teori dan Analisis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Published

2020-01-16

Issue

Section

Articles