PENERAPAN TEKNIK PARAFRASA DIARY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CAKEPAN TEMBANG MACAPAT PADA SISWA SMK

Authors

  • Arif Wahyu Wantoro SMK Negeri 1 Jati, Blora

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.494

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan  keterampilan menulis Cakepan Tembang Mijil dengan penerapan teknik parafrasa diary pada siswa kelas XI Busana Butik 1 SMK Negeri 2 Blora. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, yang berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah kolaborator dan siswa kelas XI Busana Butik 1 SMK Negeri 2 Blora sejumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) observasi, (2) wawancara, (3) kajian dokumen, (4) tes keterampilan menulis cakepan tembang mijil. Pengujian analisis dilakukan dengan cara triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian adalah penerapan teknik parafrasa diary dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis cakepan tembang mijil dengan pada siswa kelas XI Busana Butik 1  SMK Negeri 2 Blora, dan penerapan teknik parafrasa diary dapat meningkatkan keterampilan menulis cakepan tembang mijil pada siswa kelas XI Busana Butik 1 SMK Negeri 2 Blora. Hal ini dapat dilihat dari kinerja siswa dalam mempersiapkan pembelajaran dengan baik, aktif dalam kegiatan apersepsi, menjawab pertanyaan guru, bertanya kepada guru, menulis cakepan tembang mijil dengan semangat, menciptakan cakepan tembang mijil yang menarik, berperan aktif dalam pembelajaran dan ikut merefleksi dan menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Selain itu hasil ketuntasan siswa dalam menulis cakepan tembang mijil dari pratindakan 37,5 % ke siklus I 75%   meningkat 37,5% dan dari siklus I  75% ke siklus II  93,75% meningkat 18,75%. Kriteria Ketuntasan Minimal kelas XI yang terdapat di SMKN 2 Blora adalah 75.

Kata Kunci: keterampilan menulis, cakepan tembang mijil,  teknik parafrasa diary

References

Aminuddin. (2014). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Jamaris, M. (2009). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.

Mahardhika, B. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi dari Teks Wawancara dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Explisit Instructions Teknik Kronologis Peristiwa pada Siswa Kelas VII I SMP Negeri 3 Ungaran (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Mulyasa. (2005). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Sebuah Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran sastra berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Salmiati, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Parafrase Menggunakan Metode Mind Mapping. Jurnal Pelangi, 8(1).

Subyantoro. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi VI). Depok: PT Rajagrafindo Persada

Suwandi, S. (2011). Model-model asesmen dalam pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.

Usman, R. (2015). Penggunaan Metode Parafrase untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Parafrase Puisi ke Prosa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SMP Al-Ittihat Pekanbaru. Sorot, 10(2), 169-178.

Wantoro, A. W. (2016). Penerapan metode mind mapping dan teknik parafrasa diary untuk meningkatkan keterampilan menulis geguritan pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Jati Kabupaten Blora (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University).

Published

2020-03-31

Issue

Section

Articles