PENERAPAN TEKNIK PARAFRASA DIARY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CAKEPAN TEMBANG MACAPAT PADA SISWA SMK
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.494Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan  keterampilan menulis Cakepan Tembang Mijil dengan penerapan teknik parafrasa diary pada siswa kelas XI Busana Butik 1 SMK Negeri 2 Blora. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, yang berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah kolaborator dan siswa kelas XI Busana Butik 1 SMK Negeri 2 Blora sejumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara: (1) observasi, (2) wawancara, (3) kajian dokumen, (4) tes keterampilan menulis cakepan tembang mijil. Pengujian analisis dilakukan dengan cara triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif dan analisis kritis. Hasil penelitian adalah penerapan teknik parafrasa diary dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran menulis cakepan tembang mijil dengan pada siswa kelas XI Busana Butik 1 SMK Negeri 2 Blora, dan penerapan teknik parafrasa diary dapat meningkatkan keterampilan menulis cakepan tembang mijil pada siswa kelas XI Busana Butik 1 SMK Negeri 2 Blora. Hal ini dapat dilihat dari kinerja siswa dalam mempersiapkan pembelajaran dengan baik, aktif dalam kegiatan apersepsi, menjawab pertanyaan guru, bertanya kepada guru, menulis cakepan tembang mijil dengan semangat, menciptakan cakepan tembang mijil yang menarik, berperan aktif dalam pembelajaran dan ikut merefleksi dan menyimpulkan kegiatan pembelajaran. Selain itu hasil ketuntasan siswa dalam menulis cakepan tembang mijil dari pratindakan 37,5 % ke siklus I 75%  meningkat 37,5% dan dari siklus I 75% ke siklus II 93,75% meningkat 18,75%. Kriteria Ketuntasan Minimal kelas XI yang terdapat di SMKN 2 Blora adalah 75.
Kata Kunci: keterampilan menulis, cakepan tembang mijil, Â teknik parafrasa diary
References
Aminuddin. (2014). Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Jamaris, M. (2009). Kesulitan Belajar: Perspektif, Asesmen, dan Penanggulangannya. Jakarta: Yayasan Penamas Murni.
Mahardhika, B. (2013). Peningkatan Keterampilan Menulis Paragraf Narasi dari Teks Wawancara dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Explisit Instructions Teknik Kronologis Peristiwa pada Siswa Kelas VII I SMP Negeri 3 Ungaran (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Mulyasa. (2005). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Sebuah Panduan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, B. (2010). Penilaian pembelajaran sastra berbasis kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Salmiati, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Menulis Parafrase Menggunakan Metode Mind Mapping. Jurnal Pelangi, 8(1).
Subyantoro. (2019). Penelitian Tindakan Kelas (Edisi VI). Depok: PT Rajagrafindo Persada
Suwandi, S. (2011). Model-model asesmen dalam pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka.
Usman, R. (2015). Penggunaan Metode Parafrase untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Parafrase Puisi ke Prosa terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II SMP Al-Ittihat Pekanbaru. Sorot, 10(2), 169-178.
Wantoro, A. W. (2016). Penerapan metode mind mapping dan teknik parafrasa diary untuk meningkatkan keterampilan menulis geguritan pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 SMK Negeri 1 Jati Kabupaten Blora (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University).
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)