PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANCAMAN TERHADAP NEGARA DALAM BINGKAI BHINNEKA TUNGGAL IKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERS HEAD TOGETHER BERBANTUAN NONTON BARENG (NO BAR) BAGI PESERTA DIDIK KELAS X RPL 2 SMK NEGERI 5 KENDAL SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.495Abstract
Masalah utama dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar, proses pembelajaran kurang menarik dan tidak menyenangkan. Rumusan masalahnya: 1) bagaimanakah proses peningkatan prestasi belajar?, 2) seberapa banyak peningkatan prestasi belajar?, 3) bagaimanakah perubahan prilaku peserta didik setelah belajar Ancaman terhadap Negara dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika menggunakan model NHT berbantuan Nonton Bareng bagi peserta didik kelas X RPL 2 SMKN 5 Kendal Semester 2 Tahun Pelajaran 2017/2018?.Metode penelitian yang digunakan adalah PTK terdiri dari dua siklus. meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 34 peserta didik, 22 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Setelah tindakan dapat simpulkan: 1) proses peningkatkan prestasi belajar menjadi sangat menarik dan sangat menyenangkan, 2) terjadi peningkatan prestasi belajar menjadi 32 peserta didik yang tuntas, 3) terjadi perubahan perilaku peserta didik  dalam bekerja sama dan tanggung jawab.
Kata kunci : NHT, No Bar, Prestasi Belajar
References
Asnawir, B. U., & Usman, M. B. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.
Arixs. (2007). Pengembangan Program Belajar konstekstual dalam pelajaran. http://www.acm.org/education/konst._vols/k12final1022.pdf. Diunduh Tanggal 5 Februari 2019. Pkl. 20.22 WIB
Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press
Ibrahim & Shaodih. (2000). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Lie, A. (2003). Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia
Majid, A. (2015). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mulyono, A. (2000). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Nasution, S. (2008). Didaktik Sekolah Pendidikan Guru: Asas-Asas Didaktik Metodologi Pengajaran dan Evaluasi. Jakarta: Depdikbud.
Nuryani. (2008). Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: UM Press
Rohani, Ahmad. (1997). Media Instruksional Edukatif. Jakarta : Rineka Cipta
Sanjaya, W. (2013). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto.(2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineke Cipta
Sudjana. (2001). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algentindo
Rosdiana. (2008). Meningkatkan Prestasi Belajar Biologi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta : Kencana Media
Winkel, W.S. (1996). Psikologi Pengajaran. Jakarta: Grasindo.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)