PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI ALTERNATIF MENGATASI PERMASALAHAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN ASASI MANUSIA BAGI SISWA KELAS XI TKJ-2 SMK NEGERI 2 SRAGEN KABUPATEN SRAGEN
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.496Abstract
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses meningkatkan motivasi belajar, prestasi belajar pengetahuan, ketrampilan dan prilaku siswa kelas XI TKJ 2 di SMK Negeri 2 Sragen dengan menggunakan model pembelajaran Bermain Peran ( Role Play) pada pelajaran materi hak dan kewajiban asasi manusia .
PTK ini dilakukan dua siklus , terjadi perubahan perilaku belajar dari motivasi belajar meningkat, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pencapaian prosentase rata-rata pelajaran materi hak dan kewajiban asasi manusia  ketrampilan 85,52 %, nilai pengetahuan 84,19% dari 31 peserta didik. Pencapaian rata –rata motivasi  belajar peserta didik 88.32%, Berdasarkan hasil penelitian , maka peneliti merekomendasikan bahwa model Bermain Peran ( Role Play).
Kata Kunci: Bermain Peran (Role Play), motivasi belajar Â
Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses meningkatkan motivasi belajar, prestasi belajar pengetahuan, ketrampilan dan prilaku siswa kelas XI TKJ 2 di SMK Negeri 2 Sragen dengan menggunakan model pembelajaran Bermain Peran ( Role Play) pada pelajaran materi hak dan kewajiban asasi manusia .
PTK ini dilakukan dua siklus , terjadi perubahan perilaku belajar dari motivasi belajar meningkat, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pencapaian prosentase rata-ratapelajaran materi hak dan kewajiban asasi manusia  ketrampilan 85,52 %, nilai pengetahuan 84,19% dari 31 peserta didik. Pencapaian rata –rata motivasi  belajar peserta didik 88.32%, Berdasarkan hasil penelitian , maka peneliti merekomendasikan bahwa model Bermain Peran ( Role Play)..
References
Abdul, A. W. (2007). Metode dan model-model mengajar. Bandung: Alfabeta.
Ahmadi, I. K., Amri, S., & Elisah, T. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Achmadi, H. (2014). Penerapan Model Assure Dengan Menggunakan Media Power Point Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Usaha Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MAN Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1).
Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.
Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). penelitian-pendidikan, 302.
Jamil, S. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.
Rahmaniar, E., Saptasari, M., & Handayani, N. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning dipadu Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA-6 SMA Negeri 7 Malang. Jurnal Universitas Negeri Malang.(online), http://um. ac. id/e-journal/index. php/jurnal_ipa/Diakses, 5.
Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.
Sudjana, N. (2011). Dasar-Dasr Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Syaiful, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta, CV.
Uno, H. B. (2010). Teori Motivasi & Pengukurannya–Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta. Penerbit Bumi Aksara.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)