PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN SEBAGAI ALTERNATIF MENGATASI PERMASALAHAN MOTIVASI DAN KEMAMPUAN PEMBELAJARAN MATERI HAK DAN KEWAJIBAN ASASI MANUSIA BAGI SISWA KELAS XI TKJ-2 SMK NEGERI 2 SRAGEN KABUPATEN SRAGEN

Authors

  • Setyo Budi Ernawati SMK Negeri 2 Sragen

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.496

Abstract

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses meningkatkan motivasi belajar,  prestasi belajar pengetahuan, ketrampilan dan prilaku siswa kelas XI TKJ 2 di SMK Negeri 2 Sragen dengan menggunakan model pembelajaran Bermain Peran ( Role Play) pada pelajaran materi hak dan kewajiban asasi manusia .

PTK ini dilakukan dua siklus , terjadi perubahan perilaku belajar dari motivasi belajar meningkat, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pencapaian prosentase rata-rata pelajaran materi hak dan kewajiban asasi manusia  ketrampilan 85,52 %, nilai pengetahuan 84,19% dari 31 peserta didik. Pencapaian rata –rata motivasi  belajar peserta didik 88.32%, Berdasarkan hasil penelitian , maka peneliti merekomendasikan bahwa model Bermain Peran ( Role Play).

Kata Kunci: Bermain Peran (Role Play), motivasi belajar  

Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana proses meningkatkan motivasi belajar,  prestasi belajar pengetahuan, ketrampilan dan prilaku siswa kelas XI TKJ 2 di SMK Negeri 2 Sragen dengan menggunakan model pembelajaran Bermain Peran ( Role Play) pada pelajaran materi hak dan kewajiban asasi manusia .

PTK ini dilakukan dua siklus , terjadi perubahan perilaku belajar dari motivasi belajar meningkat, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan pencapaian prosentase rata-ratapelajaran materi hak dan kewajiban asasi manusia  ketrampilan 85,52 %, nilai pengetahuan 84,19% dari 31 peserta didik. Pencapaian rata –rata motivasi  belajar peserta didik 88.32%, Berdasarkan hasil penelitian , maka peneliti merekomendasikan bahwa model Bermain Peran ( Role Play)..

References

Abdul, A. W. (2007). Metode dan model-model mengajar. Bandung: Alfabeta.

Ahmadi, I. K., Amri, S., & Elisah, T. (2011). Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Achmadi, H. (2014). Penerapan Model Assure Dengan Menggunakan Media Power Point Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Sebagai Usaha Peningkatan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MAN Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1).

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pestasi Belajar IPA Di Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa Kelas IV SDN Tarumanagara Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya). penelitian-pendidikan, 302.

Jamil, S. (2013). Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Yogyakarta: Diva Press.

Rahmaniar, E., Saptasari, M., & Handayani, N. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning dipadu Group Investigation untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA-6 SMA Negeri 7 Malang. Jurnal Universitas Negeri Malang.(online), http://um. ac. id/e-journal/index. php/jurnal_ipa/Diakses, 5.

Slameto. (1988). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bina Aksara.

Sudjana, N. (2011). Dasar-Dasr Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Syaiful, S. (2010). Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta, CV.

Uno, H. B. (2010). Teori Motivasi & Pengukurannya–Analisis di Bidang Pendidikan, Jakarta. Penerbit Bumi Aksara.

Published

2020-03-31

Issue

Section

Articles