PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENAMBAHAN MELALUI PEMBELAJARAN SISKRANA PESERTA DIDIK KELOMPOK B TK PAMEKAR SIWI GUNTUR DEMAK SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Authors

  • Ujiwati Kukuh Saputri TK Pamekar Siwi Guntur Demak

DOI:

https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.497

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran, perubahan perilaku peserta didik dan seberapa banyak peningkatan kemampuan berhitung pada peseta didik Kelompok B TK Pamekar Siwi Guntur Demak. PTK ini dilakukan dalam dua siklus. Terjadi perilaku belajar yang signifikan . hasil siklus 1 prosentase keberhasilan atau ketuntasan hanya 58,83% dan ketuntasan semakin meningkat pada siklus 2 sekitar 79%.

 

Kata Kunci; berhitung, penambahan, siskrana

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENAMBAHAN MELALUI PEMBELAJARAN SISKRANA PESERTA DIDIK KELOMPOK B TK PAMEKAR SIWI GUNTUR DEMAK

SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2019/2020

References

Apriyanto, N. (2007). Statistika. Semarang: IKIP Veteran.

Arikunto, S. 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Hildayani, R. 2005. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hudoyo, H. 1990. Strategi Belajar Matematika. Malang: Perpustakaan IKIP PGRI Semarang.

Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Ndraha, R. (2009). Multidisiplin Anak dengan Cerita. Yogyakarta: ANDI.

Nugraha, A. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation.

Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sasongko, R. (2009). Menggali & Mengoptimalkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.

Published

2020-03-31

Issue

Section

Articles