PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENAMBAHAN MELALUI PEMBELAJARAN SISKRANA PESERTA DIDIK KELOMPOK B TK PAMEKAR SIWI GUNTUR DEMAK SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.35473/dwijaloka.v1i1.497Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran, perubahan perilaku peserta didik dan seberapa banyak peningkatan kemampuan berhitung pada peseta didik Kelompok B TK Pamekar Siwi Guntur Demak. PTK ini dilakukan dalam dua siklus. Terjadi perilaku belajar yang signifikan . hasil siklus 1 prosentase keberhasilan atau ketuntasan hanya 58,83% dan ketuntasan semakin meningkat pada siklus 2 sekitar 79%.
Â
Kata Kunci; berhitung, penambahan, siskrana
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENAMBAHAN MELALUI PEMBELAJARAN SISKRANA PESERTA DIDIK KELOMPOK B TK PAMEKAR SIWI GUNTUR DEMAK
SEMESTER 2 TAHUN PELAJARAN 2019/2020
References
Apriyanto, N. (2007). Statistika. Semarang: IKIP Veteran.
Arikunto, S. 2002, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Hildayani, R. 2005. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Hudoyo, H. 1990. Strategi Belajar Matematika. Malang: Perpustakaan IKIP PGRI Semarang.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.
Ndraha, R. (2009). Multidisiplin Anak dengan Cerita. Yogyakarta: ANDI.
Nugraha, A. (2008). Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung: JILSI Foundation.
Patmonodewo, S. (2003). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Sasongko, R. (2009). Menggali & Mengoptimalkan Kecerdasan Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Published
Issue
Section
License
Copyright notice:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access)